Tiga Zona Ramadhan yang Bisa Dicermati Pebisnis Kuliner

Esti Widiyana - detikNews
Selasa, 28 Apr 2020 05:21 WIB
takjil di surabaya
Penjual takjil di Surabaya/Foto file: Deny Prastyo Utomo
Surabaya -

Ramadhan tahun ini berbeda jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Ada virus Corona yang masih mewabah di Tanah Air.

Akibatnya, berbagai kegiatan dan aktivitas mulai dibatasi. Masyarakat pun diimbau untuk tidak ke luar rumah jika tak ada hal yang mendesak.

Padahal biasanya, saat Ramadhan banyak pebisnis kuliner musiman yang menjajakan aneka makanan, jajanan hingga berbagai minuman untuk berbuka puasa. Namun saat pandemi Corona seperti ini dibutuhkan strategi yang berbeda.


Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis FEB Universitas Airlangga (FEB Unair) Surabaya Dr Tri Siwi Agustina SE MSi menyampaikan, perilaku konsumtif selama Ramadhan meningkat dibandingkan dengan 11 bulan lainnya.

"Konsumen cenderung menginginkan variasi dalam jenis makanan dan minuman. Meskipun bertepatan dengan pandemi virus Corona, perilaku ini tidak berubah, namun berbeda," kata Siwi di Unair (27/4/2020).

Menurutnya, ada tiga zona berbeda selama puasa Ramadhan. Yakni zona 10 hari pertama, 10 hari pertengahan dan 10 hari terakhir.

Selanjutnya
Halaman
1 2