Jelang PSBB, Kendaraan akan Disemprot dan Akses Masuk ke Surabaya Disekat

Amir Baihaqi - detikNews
Senin, 27 Apr 2020 15:01 WIB
Kendaraan yang Masuk ke Surabaya Disemprot dan Disekat
Kendaraan masuk Surabaya disekat (Foto: Amir Baihaqi/detikcom)
Sidoarjo -

Menjelang penerapan PSBB Surabaya Raya, posko check point disiagakan di sejumlah titik pintu masuk Kota Surabaya. Tak hanya penyemprotan disinfektan, petugas juga sudah mulai melakukan penyekatan kendaraan dari luar kota.

Di wilayah selatan misalnya, pantauan detikcom posko check point didirikan di Bundaran Waru. Mobil plat luar kota yang akan masuk disekat dan baik penumpang maupun pengemudi diperiksa suhu tubuhnya.

"Kami memang sekat khusus mobil plat luar dan periksa suhu badan pengemudi dan penumpangnya sebelum masuk ke Surabaya," kata salah satu petugas Linmas Doni kepada detikcom, Senin (27/3/4/2020).

Dari hasil pemeriksaan tubuh, lanjut Doni, banyak pengemudi dan penumpang yang harus diturunkan terlebih dahulu karena mempunyai sugu badan di atas 38 derajat.

"Ada ini kami turunkan pengemudi dan penumpang truk air dari Mojokerto dan dari Bali. Suhu tubuhnya di atas 38 derajat," terangnya.

Kendaraan yang Masuk ke Surabaya Disekat/Kendaraan yang Masuk ke Surabaya Disekat/ Foto: Amir Baihaqi

"Kami suruh turun untuk mendinginkan badannya, cuci tangan, masuk bilik disinfektan dan istirahat sejenak. Baru kami periksa suhu tubuhnya lagi. Dan hasilnya suhunya ya turun jadi 35 atau 36 derajat," tambahnya.

Menurut Doni, tingginya suhu badan para pengemudi dan penumpang karena efek kepanasan selama di dalam truk atau angkutan umum. Pihaknya selalu menurunkan untuk mendinginkan tubuhnya terlebih dahulu.

"Karena kepanasan di dalam truk atau kendaraan umum. Makanya kami turunkan dulu untuk didinginkan. Tapi kalau mobil pribadi kok suhunya tinggi,kami pasti langsung bawa ke rumah sakit. Tapi sejauh ini belum ada," tuturnya.

Pantaun detikcom, tidak hanya di Bundaran Waru, posko check point juga didirikan di jalur masuk Jalan Rungkut Menanggal dan Merr. Di Bundaran Waru, di kedua check point itu hanya melakukan kegiatan penyemprotan disinfektan kepada setiap kendaraan.

(fat/fat)