Terminal Purabaya Kini Dilengkapi dengan Thermal Scanner

Terminal Purabaya Kini Dilengkapi dengan Thermal Scanner

Hilda Meilisa - detikNews
Senin, 27 Apr 2020 03:35 WIB
thermal scanner di terminal purabaya
Salah satu penumpang di-thermal scanner (Foto: Hilda Meilisa Rinanda)
Sidoarjo - Untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19, Terminal Purabaya kini telah dilengkapi thermal scanner. Para penumpang bus cukup berdiri di depan layar monitor dan secara otomatis muncul data di layar yang menunjukkan suhu tubuhnya.

Kepala Terminal Purabaya Imam Hidayat mengatakan alat ini telah datang sejak Kamis (23/4). Jika ada penumpang yang suhunya di atas 38 derajat, langsung diserahkan ke PMI untuk keputusan lebih pemeriksaan lebih lanjut

"Kalau ini scanner suhu tubuh. Nanti Kalau ada yang 37,5 ke atas kita data, kalau 38 kita serahkan ke PMI. Ini baru datang kok kemarin baru dioperasikan," kata Imam kepada detikcom, Minggu (26/4/2020).

Tak hanya itu, Imam menyebut di Terminal yang berlokasi di Bungurasih Waru Sidoarjo ini juga sejak lama diterapkan protokol pencegahan COVID-19. Misalnya menyediakan wastafel untuk mencuci tangan hingga bilik sterilisasi.

Selain itu, Imam juga mewajibkan seluruh penumpang untuk menggunakan masker. Jika tidak, Imam akan bertindak tegas jika ada penumpang yang tidak memakai masker, dilarang untuk memasuki terminal.

"Terminal Purabaya sendiri kami sudah mengetati, masalah penumpang kalau gak pakai masker saya suruh keluar atau saya suruh beli di kios dekat-dekat sini. Pokoknya yang tidak pake masker tidak boleh masuk terminal, terutama dari anggota tetap kami tegur, tetap harus pakai kita peringatkan agar tetap disiplin," tegas Imam. (hil/iwd)