Dewan Dorong Kebijakan PSBB Berjalan Efektif di Surabaya

Deny Prastyo utomo - detikNews
Selasa, 21 Apr 2020 13:48 WIB
Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya Reni Asuti
Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya Reni Asuti (Foto: Deny Prastyo Utomo/detikcom)
Surabaya -

Pemprov Jatim mengajukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) wilayah Surabaya Raya ke Kemenkes. Upaya tersebut dilakukan untuk menekan penyebaran COVID-19 di Surabaya Raya yang semakin meningkat. DPRD Kota Surabaya berharap penerapan PSBB nantinya berjalan efektif.

Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya Reni Asuti mengatakan kebijakan PSBB di Surabaya tengah menunggu persetujuan pusat dan terbitnya peraturan gubernur serta wali kota.

"Saya mendorong PSBB jika nanti diterapkan bisa berjalan efektif memutus rantai penyebaran COVID-19 di waktu yang tidak lama," kata Reni saat dihubungi detikcom, Selasa (21/4/2020).

Reni menambahkan kebijakan PSBB di Surabaya harus dilakukan dengan langkah yang tepat agar penerapannya tidak menimbulkan polemik di masyarakat. Yakni dengan melakukan sosialisasi dengan maksimal, kesiapsiagaan pemerintah dan kedisiplinan masyarakat.

"Jadi misalkan berjalan dua pekan ada hasilnya kurva pandemi menurun dan tidak diperpanjang. Ya kuncinya kesiapsiagaan pemerintah kota dan kedisiplinan masyarakat. Makanya sosialisasi kepada masyarakat menjadi penting termasuk pengaman kebutuhan dasar warga selama penerapan berlangsung harus terpenuhi dengan tepat," ungkap Reni.

Reni juga mendorong pemkot agar mengoptimalkan waktu jelang disahkan penerapan PSBB di Surabaya. Sebelum nantinya benar-benar diterapkan PSBB bisa berjalan efektif.

"Pemkot Surabaya mengoptimalkan waktu yang ada saat ini untuk menyiapkan hal penting agar PSBB saat mulai diberlakukan sudah berjalan efektif dan benar-benar melindungi warga kota," tandas Reni.

(fat/fat)