Ada Pasien Positif di Temboro Sebelum Jadi Klaster Penyebaran Corona

Sugeng Harianto - detikNews
Senin, 20 Apr 2020 17:24 WIB
Direktur Jenderal Kesehatan pada Kementerian Kesehatan Malaysia, Dr Noor Hisham Abdullah menyebutkan klaster baru penularan virus Corona. Klaster itu melibatkan 43 mahasiswa Malaysia yang baru pulang dari Temboro, Magetan.
Pemulangan santri Ponpes Al Fatah, Temboro, Magetan/Foto file: Sugeng Harianto
Magetan -

Ponpes Al Fatah di Temboro, Kecamatan Karas menjadi klaster penyebaran Corona. Namun sebelumnya, Pemkab Magetan telah melakukan tracing terkait seorang pasien positif di wilayah itu.

Pasien yang dimaksud yakni pasien positif Corona ke-10 di Magetan. Ada 26 orang yang terlacak telah berinteraksi dengan pasien yang memiliki rumah kos di lingkungan Ponpes Temboro tersebut.


"Untuk tracing dilakukan kepada orang-orang yang pernah berinteraksi kepada pasien positif ke-10 kemarin. Ada 26 orang kita tracing itu ternyata negatif semua. Tidak ada yang positif," terang Bupati Magetan Suprawoto saat dihubungi detikcom, Senin (20/4/2020).

Bupati yang akrab disapa Kang Woto menambahkan, 26 orang tersebut telah dilakukan swab test. Sementara pasien positif ke-10 itu masih dirawat di ruang isolasi RSUD dr Soedono Madiun dan memiliki penyakit penyerta yakni diabetes.