Gubernur Khofifah Apresiasi Ratusan Seniman Terdampak Wabah Corona

Faiq Azmi - detikNews
Senin, 20 Apr 2020 00:47 WIB
Gubenur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memberi apresiasi kepada seniman dan para juru pelihara cagar budaya di Jatim. Apresiasi ini terkait dengan dedikasi serta prestasi mereka terhadap seni di Jatim.
Saat Gubernur Khofifah memberikan apresiasi secara simbolis/Foto: Faiq Azmi
Surabaya -

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memberi apresiasi kepada seniman dan para juru pelihara cagar budaya di Jatim. Apresiasi ini terkait dengan dedikasi serta prestasi mereka terhadap seni di Jatim.

"Ini merupakan apresiasi Pemprov Jatim terhadap seniman terdampak COVID-19. Suasana ini saya harap tetap sambung roso tetap terbangun," kata Khofifah di Grahadi, Minggu (19/4/2020).

Khofifah menjelaskan, apresiasi ini selalu dilakukan pemprov tiap tahun saat Ramadhan. Karena saat ini dalam suasana pandemi Corona, maka pemberian apresiasi berupa uang tunai dan sembako diberi secara simbolis.


"Dulu mungkin meriah karena ketemu banyak seniman, cagar budaya. Kami memang gak bisa undang semua di satu forum karena regulasinya sepeti itu," terangnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jatim, Sinarta menjelaskan, ada 750 seniman berprestasi dan 240 juru pelihara cagar budaya yang menerima apresiasi tersebut. Untuk simbolis hari ini ada 15 seniman dan 6 juru pelihara cagar budaya yang hadir.


"Diharapkan apresiasi dalam bentuk uang tunai dan sembako yang diberikan kepada seniman senilai Rp 1 juta per-orang dan Rp 1.050.000 per-orang untuk pemelihara cagar budaya dapat meringankan ekonomi mereka selama menghadapi pandemi COVID-19 ini," terangnya.

Salah satu Seniman Ludruk Surabaya, Cak Lupus berterima kasih atas apresiasi dari Gubernur Khofifah. "Saya kalau bisa nangis mungkin nangis, tapi apa artinya nangis? Ini sudah dialami oleh bangsa kita dengan adanya pandemi ini. Biasanya seniman selalu menghibur pemerintah maupun publik, gantian sekarang pemerintah yang menghibur para seniman dengan bantuan. Semoga COVID-19 segera berlalu," kata Cak Lupus.

(sun/bdh)