Mahkota Kerajaan Temuan Warga Blitar Diduga Buatan Mojokerto

Erliana Riady - detikNews
Jumat, 17 Apr 2020 19:45 WIB
Warga Blitar menemukan mahkota logam dalam sungai. Setelah meneliti lokasi penemuan dan kondisi mahkota, BPCB Jatim menyebut mahkota itu bukan benda cagar budaya.
Penelitian mahkota logam yang ditemukan di Blitar/Foto: Erliana Riady
Blitar -

Warga Blitar menemukan mahkota logam dalam sungai. Setelah meneliti lokasi penemuan dan kondisi mahkota, Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jatim menyebut mahkota itu bukan benda cagar budaya.

Arkeolog BPCB Jatim Nugroho Harjo Lukito mengatakan, hasil analisa pihaknya menerangkan bahwa mahkota itu buatan baru. "Dari lokasi temuan, mahkota ditemukan di bagian cekungan sungai yang airnya relatif tenang. Sehingga tidak hanyut ketika arus sungai deras," kata Nugroho kepada detikcom, Jumat (17/4/2020).


Jika dilihat dari kondisi fisik mahkota yang utuh dan tidak korosi, Nugroho memperkirakan mahkota itu sengaja dipendam separuh dengan sedikit memunculkan ke permukaan. Sehingga dengan mudah ditemukan orang lain.

"Hasil identifikasi lokasi dan melihat kondisi mahkota, mungkin baru dipendam. Kira-kira barang itu dipendam di situ tidak sampai satu bulan. Karena kalau logam terendam air dalam jangka waktu lama, maka tanah yang berada di bagian dalam mahkota akan mengeras dan sangat sulit dibersihkan. Lalu pasti ada cacat di fisik mahkota, ada korosi dan tidak utuh," imbuhnya.

Sedangkan jika dilihat dari kondisi fisik mahkota, terlihat ada upaya supaya benda itu terkesan kuno. Di bagian dalam diketahui, mahkota itu berbahan kuningan. Ini bisa dilihat dari proses pembuatan yang tidak merata.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2