Usai Turunkan Pekerja Migran dan Mahasiswa, Pesawat Angkut Santri Asal Malaysia

Amir Baihaqi - detikNews
Rabu, 15 Apr 2020 18:01 WIB
santri malaysia
Santri yang mondok di Jatim pulang ke Malaysia (Foto: Amir Baihaqi/detikcom)
Surabaya -

172 pekerja migran Indonesia (PMI) dan mahasiswa dari Malaysia tiba di Bandara Internasional Juanda. Usai mengantar ratusan orang Indonesia tersebut, pesawat Malaysian Airlines menjemput santri yang mondok di Jawa Timur.

"Menggunakan Malaysian Airlines," kata kata Wakil Sekretaris Gugus COVID-19 Jatim Jonathan Judianto kepada detikcom, Rabu (15/4/2020).

Menurut Jonathan, setelah mendarat mengantar para pekerja migran dan mahasiswa dari Malaysia, pesawat tersebut akan kembali lagi ke negaranya dengan membawa para santri dari Negeri Jiran. Para santri selama ini mondok di Jatim.

"Pesawat ini (Malaysian Airlines) ini akan kembali lagi pulang ke Malaysia dengan membawa santri-santri mereka ini," terang Jonathan.

Adapun jumlah para santri asal Malaysia ini sebanyak 289 orang. Kebanyakan dari mereka adalah santri dari Pondok Modern Gontor, Ponorogo.

"Ada sebanyak 289 santri. Iya nyantri di Jatim. Tapi kebanyakan ini dari Ponorogo semuanya," ujar Jonathan.

Para santri asal Negeri Jiran sendiri memilih pulang karena di pondok tempat mereka belajar telah meliburkan semua kegiatan. Adapun alasan peliburan itu dikarenakan adanya wabah Corona.

(fat/fat)