5 Senyawa Bakal Calon Obat Corona bakal Diuji di Unair Surabaya, Kapan?

Esti Widiyana - detikNews
Senin, 13 Apr 2020 16:17 WIB
Anggota Tim Riset Covid-19 Unair, Prof Dr Ni Nyoman Tri Puspaningsih
Prof Dr Ni Nyoman Tri Puspaningsih (Foto file: Esti Widiyana/detikcom)
Surabaya -

Tim Riset COVID-19 Universitas Airlangga (Unair) Surabaya mempersiapkan uji in vitro (uji pada media buatan) dan in vivo (uji klinis pada manusia) lima senyawa bakal calon obat Corona. Meski, belum mempublikasikan dalam bentuk jurnal.

Selain mempersiapkan uji, tim riset juga menulis untuk publikasi. Pihaknya saat ini tengah memperbanyak senyawa dan ditoksim. Karena, untuk pengujian jumlah senyawa harus cukup.

"Akan diuji secepatnya, dalam waktu dekat ini akan diuji dan sekarang sedang disiapkan jumlah yang cukup untuk uji," kata Anggota Tim Riset COVID-19 Unair, Prof Dr Ni Nyoman Tri Puspaningsih MSi saat dihubungi detikcom, Senin (13/4/2020).

Saat ditanya pengujian dilakukan sebelum atau sesudah dipublis, Nyoman mengatakan tergantung pada target.

"Sebelum diuji kita bisa dipublis, misalnya lima senyawanya saja. Tapi kalau mau dipublis semua sampai uji ya jauh lebih bagus," ujarnya.

Oleh karena itu, pihaknya tengah memikirkan publikasi. Apakab sampai selesai tahap uji atau penelitian lima senyawa saja, karena semua memiliki risiko.

"Kalau kita sudah publis lima senyawanya masuk di jurnal terpublis, maka orang lain bisa ngerjakan, itu risikonya. Jadi dia boleh karena sudah dianggap milik umum," jelasnya.

Dalam proses pengujian, pihaknya melakukan pemikiran secara saintifik dan tidak terburu-buru. Sebab tim riset memiliki strategi-strategi yang membuat penelitian menjadi paten.

Pria Asal Garut Ini Klaim Ciptakan Obat Herbal untuk Corona: