3 Pekerja Pabrik Bioetanol Mojokerto Tewas Saat Bersihkan Kolam Pengendapan

Enggran Eko Budianto - detikNews
Minggu, 12 Apr 2020 13:53 WIB
Pabrik Bioetanol di Mojokerto
Pabrik Bioettanol di Mojokerto (Foto: Enggran Eko Budianto/detikcom)
Mojokerto -

Insiden tewasnya 3 pekerja pabrik bioetanol PT Energi Agro Nusantara (Enero) di Desa Gempolkrep, Kecamatan Gedeg, Mojokerto, mulai terkuak. Kecelakaan kerja itu terjadi saat para korban membersihkan kolam presettling atau kolam pengendapan.

Keterangan perihal insiden yang merenggut nyawa 3 pekerja PT Enero salah satunya dari Kasat Reskrim Polres Mojokerto Kota AKP Sodik Efendi. Dia mengatakan, kecelakaan terjadi saat tiga pekerja yang tewas sedang membersihkan lumpur sisa etanol di dalam kolam pada Jumat (11/4) pagi.

"Mereka (tiga pekerja yang tewas) turun ke tandon untuk membersihkannya dari sisa etanol. Salah satu pekerja mencium bau tidak enak, berusaha naik. Begitu naik, di tengah perjalanan dia terjatuh ke lumpur endapan etanol," kata kasat reskrim saat dikonfirmasi wartawan melalui sambungan telepon, Minggu (12/4/2020).

Melihat rekannya terjatuh, lanjut Sodik, dua pekerja lainnya memberikan pertolongan. Nahas, kedua pekerja itu juga terpapar bau menyengat. Sehingga ketiga pekerja tumbang di kolam yang sama. Sayangnya dia tidak menjelaskan apa bau menyengat yang menyebabkan tumbangnya tiga pekerja pabrik bioetanol tersebut.

"Setelah membantu, hal serupa yang dialami temannya. Akhirnya terjatuh juga ketiga orang itu karena bau menyengat. Jatuh di kolam lumpur itu, endapan etanol," terangnya.

Sodik belum bisa memastikan adanya kemungkinan ketiga korban keracunan setelah menghirup zat tertentu di dalam kolam pengendapan. Karena proses penyelidikan saat ini sedang berjalan.

Autopsi ketiga jenazah melibatkan tim kedokteran forensik. Sedangkan tim Labfor Polda Jatim memeriksa zat kimia di lokasi kecelakaan kerja PT Enero.

"Kami belum bisa memastikan karena masih proses penyelidikan dan penyidikan. Sementara ada beberapa saksi yang sudah kami lakukan pemeriksaan. Labfor mengecek kandungan kimia di lokasi. Kedokteran forensik autopsi para korban," ungkapnya.