Didukung CT Corp dan Bank Mega, Pekan Depan Peralatan Ruangan RSKI Datang

Esti Widiyana - detikNews
Sabtu, 11 Apr 2020 14:47 WIB
Didukung CT Corp dan Bank Mega, Awal Pekan Depan Peralatan Ruang Datang
Perwakilan CT Corp pantau RSKI (Foto: Esti Widiyana/detikcom)
Surabaya - CT Corp bersama Bank Mega turut membantu dan mensupport pengerjaan renovasi Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Unair Surabaya. Nantinya RSKI akan digunakan merawat pasien virus Corona dengan jumlah lebih banyak.

Selama ini, RS Unair hanya mampu merawat empat pasien positif Corona saja. Sementara proses renovasi empat lantai, yakni lantai 4, 5, 6 dan 7 pun diharapkan segera rampung.

"Goalnya 40 ICU dan 134 HCU. Insyaallah dua minggu kedepan rampung, tapi di minggu ini dimulai dari ICU sekitar 15 yang sudah siapa beroperasi dan kata kuncinya ada di ventilator dan ventilator sudah pada berdatangan," kata salah satu relawan dari CT Corp Prof Dr Ir KH Mohammad Nuh, Sabtu (11/4/2020).

Nuh mengatakan ruang HCU dan ICU ini disiapkan khsusu untuk RSKI Unair. Bahkan ia menyebut HCU dan ICU bukan ruanga biasa.

"Ini layanan kelas atas semua. Oleh karena itu memerlukan kelengkapan yang luar biasa, mulai dari oxygen, suction dan lainnya semuanya komplit di situ," ujarnya.

Selain itu, Nuh menegaskan, jika alurnya pun juga harus benar. Mulai dari sterilisasi, pelayanan dan lainnya.

"Karena kita mengharapnya di situ, ini benteng terakhir dari tahap proses penyembuhan COVID-19 ini. Kita all out, kita menyiapkan benteng terakhir prosesnya si COVID," terangnya.

Dirut RS Unair Prof Dr dr Nasronudin SpPD K-PTI FINASIM mengatakan, awal pekan depan alat-alat untuk ruang HCU dan ICU akan tiba.

"Senin atau Selasa datangnya (alat perlengkapan ruang ICU dan HCU di RSKI Unair)," kata Nasron saat dihubungi detikcom.

Perlu diketahui, proses renovasi gedung tujuh lantai ini pengerjaannya bertahap. Hingga peralatannya harus menunggu tahpoan hingga akhir bulan ini.

"Hampir selesai, nunggu alat akan datang bertahap sampai 25 April ini," jelasnya.

Namun, saat ditanya tahapannya sudah sejauh mana, Nasron belum bersedia menyampaikan. Dan secepatnya akan diinformasikan bisa tuntas.

"Bila selesai (proses pengerjaan empat lantai di RSKI Unair untuk pasien corona), nanti saya kabari," ujarnya.

Sementara saat ini, pihaknya saat ini sedang mengkondisikan peralatan dan kebutuhan ruangan. Yang salah satunya adalah Air Conditioner (AC) untuk di ruang ICU dan HCU.

"AC-nya masih dikondisikan (di ruang ICU dan HCU RSKI Unair)," pungkasnya. (fat/fat)