RSU Soetomo Surabaya Rawat 13 Pasien Positif Corona, Begini Kondisinya

Faiq Azmi - detikNews
Jumat, 10 Apr 2020 18:05 WIB
Kasus positif Corona di Jawa Timur saat ini mencapai 223 orang. RSU dr Soetomo Surabaya merawat 13 pasien positif Corona.
Direktur Utama RSU dr Seotomo, dr Joni Wahyuhadi/Foto: Faiq Azmi
Surabaya -

Kasus positif Corona di Jawa Timur saat ini mencapai 223 orang. RSU dr Soetomo Surabaya merawat 13 pasien positif Corona.

"Kita (Soetomo) saat ini merawat 13 orang positif Corona," kata Direktur Utama RSU dr Seotomo, dr Joni Wahyuhadi di Gedung Negara Grahadi, Jumat (10/4/2020).

Joni membeberkan kondisi 13 pasien tersebut dalam keadaan sakit. Karena di Soetomo, pasien yang dirawat merupakan pasien khusus yang dirujuk dari rumah sakit lain.


"Keadaan pasien di Soetomo berat ya penyakitnya. Rata-rata komplikasi. Begini, Soetomo memang dikhususkan untuk merawat pasien yang berat-berat kondisinya," imbuhnya.

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua Satgas Kuratif Penanganan COVID-19 Jatim ini memastikan, RSU Soetomo siap menampung tambahan pasien positif Corona.


"Sebagai informasi, Soetomo saat ini telah memiliki 31 ICU plus dengan ruang screeningnya. Dari 31 itu, sudah dilengkapi dengan ventilator yang tekanan negatif. Kalau saat ini sisa 18, karena 13 sudah terisi," terangnya.

Ia berharap sisa 18 ruang tersebut tidak terisi oleh pasien positif Corona lain. "Semoga tidak terisi, yang positif tanpa gejala alias sehat-sehat saja, disarankan mengisolasi secara mandiri di rumah, pihak rumah sakit akan memantau," pungkasnya.

(sun/bdh)