Begini Musrenbang Via Teleconference di Pacitan Saat Wabah COVID-19

Purwo Sumodiharjo - detikNews
Rabu, 08 Apr 2020 12:40 WIB
Musrenbang Via Teleconference di Pacitan Saat Wabah COVID-19
Musrenbang Via Teleconference di Pacitan (Purwoto Sumodiharjo/detikcom)
Pacitan -

Pemkab Pacitan menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang). Hanya saja, pelaksanaan kegiatan tersebut tak lagi menghadirkan banyak peserta di satu tempat. Panitia memilih penggunaan sistem video conference. Tujuannya untuk mencegah penyebaran virus Corona.

"Seperti kita tahu masyarakat dunia sedang berjuang keras mencegah penyebaran COVID-19. Maka kegiatan (Musrenbang) kita lakukan secara online yaitu dengan system video conference sebagai salah satu upaya antisipasi," kata Rahmad Dwiyanto, Jubir Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Pacitan, Rabu (8/4/2020).

Meski berlangsung secara virtual, lanjut Rahmad, semua aspirasi diharapkan bisa terakomodasi dengan baik. Pasalnya, seluruh pemangku kepentingan diundang bergabung dalam rapat dunia maya tersebut. Selain dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD), peserta juga berasal dari 12 wilayah kecamatan yang ada.

Tidak itu saja, Kepala Bappeda Provinsi Jatim juga tampil di layar besar untuk memberikan sambutan. Sementara Bupati Indartato bersama Ketua DPRD, dan anggota forkompimpda mengkuti rangkaian pertemuan dari ruang rapat bupati.

"Sekali lagi untuk antisipasi salah satunya karena kita didak diperkenankan mengumpulkan orang dalam jumlah banyak. Nah, kita harapkan pemanfaatan teknologi informasi akan lebih sering dilakukan dalam kegiatan-kegiatan lain," tambah Rahmad yang juga menjabat Kadiskominfo.

Pantauan detikcom, rangkaian pembukaan musrenbang Kabupaten Pacitan berlangsung sekitar 1 jam. Diawali paparan singkat Rencana Kerja Pemerintah Daerah tahun 2021 oleh Kepala Bappeda Kabupaten Pacitan. Acara dilanjutkan Pengarahan Pemprov Jatim, penyampaian pokok pikiran DPRD, dan pengarahan bupati.

Cegah Corona! Ini Tutorial Pembuatan Hand Sanitizer Sendiri:

(fat/fat)