Seni Lukis Tetek Melek, Simbol Penangkal Pagebluk Virus Corona

Adhar Muttaqin - detikNews
Rabu, 08 Apr 2020 10:57 WIB
Seni Lukis Tetek Melek, Simbol Penangkal Pagebluk
Warga menjemur pelepah bergambar tetek melek (Adhar Muttaqin/detikcom)
Tulungagung -

Potongan pelepah daun kelapa bergambar aneka wujud menyeramkan atau yang biasa disebut tetek melek banyak terpasang teras rumah warga di Tulungagung.

Pemasangan tetek melek warisan nenek moyang itu menjadi simbol dan pengingat warga agar selalu tegar dan waspada terhadap datangnya pagebluk (pandemi), termasuk Coronavirus Disease (COVID-19).

"Kami membuat tetek melek ini sebetulnya adalah untuk simbol, bukan untuk disembah. Tetek atau teteg berarti tangguh, dan melek artinya terjaga atau waspada, sehingga di tengah wabah virus Corona ini kita harus waspada," kata Nur Kholiq, pembuat tetek melek asal Desa Gamping, Kecamatan Campurdarat, Tulungagung, Rabu (8/4/2020).

Sedangkan lukisan yang tergambar merupakan simbolisasi dari marabahaya yang harus diwaspadai, dan pelepah daun kelapa adalah simbol kepasrahan kepada sang pencipta.

"Pelepah ini biasa disebut dengan bongkok dan orang Jawa sering bilang pasrah bongkokan atau berarti berserah diri kepada Tuhan Yang Maha Esa, dengan disertai usaha," ujarnya.

Ia mengaku, pada zaman dahulu, tetek melek selalu dipasang oleh masyarakat pada saat terjadi wabah penyakit atau marabahaya yang lain.

"Bukan berarti dengan memasang ini akan terbebas dari Corona, tapi ini justru menjadi pengingat agar kita melakukan berbagai upaya, seperti menjaga kebersihan, cuci tangan, dan sebagainya," jelasnya.

Masker Langka, 'BH' pun Jadi Penggantinya:

Selanjutnya
Halaman
1 2