Plt Kadinkes Kediri Sembuh, Berikut Cerita dan Tipsnya Hadapi Corona

Andhika Dwi Saputra - detikNews
Selasa, 07 Apr 2020 21:38 WIB
Plt Kadinkes Kabupaten Kediri dr Bambang Triyono Putro
Plt Kadinkes Kabupaten Kediri dr Bambang Triyono Putro (Foto: Istimewa)
Kediri -

Kesembuhan Plt Kadinkes Kabupaten Kediri, dr Bambang Triyono Putro semakin meyakinkan kita bahwa pasien COVID-19 dapat sembuh seperti sedia kala. Seperti apa ceritanya, berikut penuturannya.

Bambang mengaku sangat bersyukur dan gembira bahwa dirinya telah dinyatakan sembuh dan negatif dari COVID-19. Bambang memberikan cerita maupun tips saat dirinya mulai merasakan gejala maupun sakit akibat paparan Virus Corona.

Bambang merasakan tubuhnya tidak enak sejak Selasa (24/3). Sejak itu ia telah mengisolasi dirinya sendiri dengan cara menjaga jarak dengan keluarganya. Namun karena sakit batuk dan rasa sesak yang ia rasakan semakin parah, ia merasa apa yang dirasakannya adalah gejala COVID 19.

Akhirnya pada Jumat (27/3), ia langsung ke RSUD SLG untuk meminta diisolasi oleh pihak rumah sakit.

"Karena kebetulan saya seorang tenaga medis dan saya mengerti bagaimana cara menjaga diri saya dan keluarga. Mulai dari menjaga jarak, menggunakan masker dan asupan gizi. Namun gejala sakit saya semakin parah, sehingga saya langsung ke RSUD SLG untuk dilakukan perawatan karantina," jelas Bambang kepada detikcom, Selasa (7/4/2020).

Selama dalam perawatan, Bambang mengucapkan terima kasih kepada tenaga medis dan para perawat atas perhatian dan kesabarannya. Di sisi lain, selama dirawat dirinya juga membiasakan disiplin untuk menjaga mentalnya mulai dari sementara waktu tidak membaca maupun mengikuti berita negatif soal COVID-19.

"Saya menjaga mental saya, terutama soal berita yang saya anggap negatif terkait COVID 19 seperti kematian, penyebaran dan lainnya. Sebaliknya saya selalu mendapat dukungan dan komunikasi dari keluarga dan orang tersayang. Bahkan Bupati Kediri, Bu Haryanti di sela kesibukannya seringkali memberikan dukungan dan semangat kesembuhan kepada saya, terima kasih tak terhingga" jelas Bambang.

"Menurut saya, yang paling penting selain penanganan medis. Semangat dari keluarga, teman untuk melawan virus ini yang paling utama, melalui telepon dan video call. Karena kalau asupan makanan dan vitamin semua telah dicukupi oleh RS," aku Bambang.

Setelah dinyatakan sembuh, Bambang sudah tidak sabar ingin kembali melayani warga Kabupaten Kediri dalam melawan penyebaran COVID-19. Namun apa daya dirinya masih harus menjalani masa isolasi kembali sesuai dengan arahan tenaga medis RS maupun Gugus Tugas Penanganan Percepatan Covid-19 Kabupaten Kediri.

"Saya ingin segera kembali bertugas dan mengabdikan diri saya kepada masyarakat Kabupaten Kediri, khususnya melawan Corona ini. Mari patuhi imbauan pemerintah terutama soal tetap di rumah dan memakai masker serta cuci tangan," pungkas Bambang.

(iwd/iwd)