Pemuda Banyuwangi Sumbang Hazmat untuk RSUD Blambangan Usai Galang Donasi

Ardian Fanani - detikNews
Selasa, 07 Apr 2020 13:43 WIB
Pemuda Banyuwangi Sumbang Hazmat Untuk RSUD Blambangan
Bantuan alat pelindung diri ke RSUD Blambangan (Foto: Ardian Fanani/detikcom)
Banyuwangi -

RSUD Blambangan Banyuwangi mendapat sumbangan Alat Pelindung Diri (APD) untuk penanganan kasus virus corona. Penyumbangnya adalah seorang pemuda yang mengumpulkan donasi dari promosi berbayar di medsos.

Adalah Hilman Syah Anwar (32) warga Kelurahan Kampung Mandar, Kecamatan/Kabupaten Banyuwangi. Dirinya menyalurkan sumbangan dari beberapa pemilik warung dan penjual kuliner online di Banyuwangi untuk dibuatkan baju hazmat dan dikirimkan ke RSUD Blambangan Banyuwangi.

"Saya menyerahkan 90 baju hazmat untuk penanganan pasien corona di RSUD Blambangan. Baju ini sumbangan dari saya dan para pemilik warung, penjual kuliner online di Banyuwangi," ujarnya.

Caranya, kata Hilman, dirinya mendonasikan hasil uang postingan promosi di salah satu akun promosi miliknya, @banyuwangikuliner, kepada para pemilik warung dan penjual kuliner online.

"Per kemarin sudah terkumpul Rp 5,3 juta. Saya belikan bahan hazmat dan saya cari penjahit. Alhamdulillah dapat diskon ongkos jahit. Per hazmat Rp 30 ribu untuk ongkosnya. Jadi total satu hazmat Rp 49 ribu," tambahnya.

Menurutnya, jumlah ini hanyalah sebagian penyaluran pada tahap pertama. Sampai wabah ini belum dinyatakan berakhir oleh pemerintah, maka Hilman bersama warganet akan terus melakukan kegiatan sosial tersebut. Untuk saat ini memang, bantuan masih terfokuskan kepada para tenaga medis.

Hilman mengaku galang dana ini dimulai kurang lebih selama 2 pekan lalu. Saat itu terbesit keprihatinannya atas wabah ini dan bagaimana dampaknya kepada masyarakat yang memiliki usaha kecil. Kemudian munculah inisiatif ini dengan tujuan untuk membantu pemerintah sekaligus mencarikan solusi penghasilan untuk masyarakat terdampak.

"Berawal dari keprihatinan atas wabah ini. Dan juga kepedulian terhadap UMKM yang terdampak Covid-19," kata Hilman.

Bagi netizen yang sudah berdonasi untuk melawan virus corona atau Covid-19 ini, untuk yang memiliki bisnis kuliner akan dipromosikan usahanya secara gratis. Akun Instagram @banyuwangikuliner yang dikelolanya ini, sudah diikuti oleh sebanyak 54,2 ribu pengikut. Bahkan dalam sejumlah postingannya seringkali dibagikan oleh Bupati banyuwangi, Abdullah Azwar Anas.

Sementara Direktur RSUD Blambangan Banyuwangi, dr Indah Sri Lestari mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang rela menyumbangkan APD untuk kelengkapan perawatan pasien Corona di Banyuwangi.

"Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kami. Ini menjadi penyemangat bagi kami, tenaga kesehatan untuk terus melakukan penanganan covid 19 di Banyuwangi ini," ujarnya.

Bagi Indah, donasi apd ini sangat bermanfaat bagi RSUD Blambangan. "Sekali lagi terima kasih atas kepedulian masyarakat yang telah mendonasikan ini. RSUD Blambangan sendiri, kini juga tengah memesan APD di sejumlah UMKM Banyuwangi untuk memenuhi kebutuhan," pungkasnya.

(fat/fat)