Sungai di Situbondo Meluap, 50 Rumah Terendam Banjir

Ghazali Dasuqi - detikNews
Senin, 06 Apr 2020 16:11 WIB
Hujan deras di Situbondo membuat Sungai Jumain yang melintas di Kecamatan Besuki meluap. Akibatnya, puluhan rumah warga terendam banjir.
Rumah-rumah warga Situbondo yang terendam banjir/Foto: Istimewa
Situbondo -

Hujan deras di Situbondo membuat Sungai Jumain yang melintas di Kecamatan Besuki meluap. Akibatnya, puluhan rumah warga terendam banjir.

Sedikitnya, ada 50 rumah warga yang tergenang luapan air sungai tersebut. Puluhan rumah itu tersebar di dua dusun Desa Besuki. Rinciannya, 30 rumah di Dusun Kampung Baru dan 20 rumah lainnya di Dusun Kampung Kota Timur.

"Genangan itu akibat luapan Sungai Jumain. Alhamdulillah tadi banjirnya sudah berangsur surut," kata Koordinator Pusdalops BPBD Situbondo, Puriyono, Senin (6/4/2020).


Keterangan yang diperoleh detikcom menyebutkan, bencana banjir yang terjadi di tengah pandemi corona ini terjadi akibat guyuran hujan deras di wilayah Situbondo. Akibatnya, debit air di Sungai Jumain terus membesar, hingga akhirnya tak lagi tertampung.

Luapan air terjadi sejak dini hari tadi, saat kebanyakan warga setempat sedang tidur. Tahu ada banjir, warga pun bergegas saling membangunkan. Di antaranya langsung menyelamatkan perabotan rumah tangganya ke tempat-tempat yang dianggap aman.


Luapan air sungai itu menggenangi area sekitar rumah-rumah warga hingga ketinggian 50 cm. Sementara air yang masuk ke dalam rumah warga mencapai 30 cm. Banjir ini berangsur surut, setelah hujan mereda dan debit air sungai mengecil. Tidak ada korban jiwa maupun cedera dalam bencana banjir tersebut.

"Kami bersama beberapa instansi terkait lainnya tadi sudah turun ke lokasi. Alhamdulillah tidak ada korban dalam kejadian ini," pungkas Puriyono.

Lihat juga video Detik-detik Banjir Bandang Terjang Bondowoso:

(sun/bdh)