Lewati Masa Inkubasi, 4 Pasien Positif Corona di Situbondo Dinyatakan Sembuh

Ghazali Dasuqi - detikNews
Sabtu, 04 Apr 2020 09:32 WIB
Alun-alun situbondo
Alun-alun Situbondo (Foto: Ghazali Dasuqi)
Situbondo -

Sebanyak 4 dari 6 warga Situbondo yang dinyatakan positif corona dinyatakan sembuh. Setelah kondisinya dianggap stabil, mereka pun dipulangkan dari rumah sakit tempat keempatnya dirawat. Masing-masing, RSU dr Koesnadi Bondowoso dua orang; dan RSU dr Soebandi Jember juga dua orang.

Kini, keempatnya melakukan isolasi mandiri sambil menunggu hasil pemeriksaan Litbangkes Kemenkes RI di Jakarta. Isolasi mandiri keempat warga itu dilakukan di rumah masing-masing, dengan pengawasan ketat dari petugas terkait di Situbondo.

"Betul, kemarin dua pasien positif asal Situbondo dinyatakan sembuh dan dipulangkan dari RSU dr Koesnadi Bondowoso," kata Plt Kepala Dinas Kesehatan Situbondo, Abu Bakar Abdi, Sabtu (4/4/2020).

Dua pasien dimaksud berasal dari Kecamatan Banyuputih dan Kecamatan Bungatan. Sebelumnya, dua pasien positif corona asal Kecamatan Panarukan dan Kecamatan Besuki juga sudah dinyatakan sembuh dan dipulangkan dari RSU dr Soebandi Jember. Sementara dua pasien positif corona lainnya, hingga kini masih menjalani perawatan intensif di RSU dr Soebandi Jember.

"Meskipun sudah sembuh, keempatnya tetap harus menjalani isolasi mandiri di rumahnya masing-masing," papar Abu Bakar Abdi.

Selama menjalani masa isolasi mandiri itu, keempatnya akan terus mendapatkan pengawasan ketat dari petugas di tingkat desa, Kecamatan, dan Puskesmas setempat. Tak hanya dilarang keluar rumah saja. Keempatnya juga akan intensif mendapatkan pemeriksaan kesehatan dan pemberian vitamin.

"Sebelum isolasi mandiri, kami juga sudah melakukan rapid test terhadap seluruh keluarga atau kontak erat keempat warga tadi. Alhamdulillah hasilnya negatif semua," tandas pria asal Jalan Wijaya Kusuma Situbondo itu.

Isolasi mandiri terhadap keempat warga itu dilakukan, sambil menunggu hasil swab atau pemeriksaan Laboratorium Litbangkes Kemenkes RI di Jakarta. Menurut Abu Bakar, turunnya hasil pemeriksaan Litbangkes itu memang terlambat. Bahkan, hasil pemeriksaan Litbangkes untuk 4 warga itu baru diperkirakan turun dalam 5 hingga 7 hari ke depan.

Selain harus menunggu antrean, pemeriksaan laboratorium di Jakarta itu juga dilakukan saat masa perawatan keempat warga tadi sudah berjalan beberapa hari. Padahal, masa inkubasi covid-19 itu hanya 14 hari.

"Jadi pasien sudah sembuh tapi hasil pemeriksaan Litbangkes belum turun. Makanya, data di Satgas Covid-19 Jatim belum ada pasien asal Situbondo yang dinyatakan sembuh. Padahal pasiennya sudah sembuh. Karena protapnya memang harus menunggu hasil pemeriksaan dari Litbangkes itu," pungkas Abu Bakar Abdi.

Sembuh dari Corona, Pasien Ini Beri Pelukan Hangat ke Petugas:

(iwd/iwd)