Tanggap Darurat Corona, Trenggalek Gratiskan Pajak Daerah

Adhar Muttaqien - detikNews
Kamis, 02 Apr 2020 12:35 WIB
Trenggalek gratiskan pajak daerah
Forkopimda Trenggalek (Adhar Muttaqien/detikcom)
Trenggalek - Pemkab Trenggalek mengeluarkan sejumlah kebijakan ekonomi di masa tanggap darurat COVID-19. Salah satunya menggratiskan sejumlah pajak daerah.

Bupati Trenggalek Mochammad Nur Arifin melalui video conference dengan sejumlah media mengatakan pajak daerah yang digratiskan di antaranya pajak restoran, hotel, retribusi sewa lahan dan bangunan pemerintah, serta beberapa objek lain.

"Mereka dibebaskan membayar pajak kepada pemerintah kabupaten hingga status kedaruratan kesehatan dan tanggap darurat bencana dicabut oleh pemerintah," kata M Nur Arifin, Rabu (2/4/2020).

Menurut Arifin, kebijakan tersebut dikeluarkan sebagai salah satu bentuk kompensasi pemerintah atas kebijakan lain terkait pengendalian virus Corona yang berdampak pada menurunnya omzet dan pendapatan para pelaku ekonomi.

"Seperti penerapan zona physical distancing serta penutupan tempat hiburan dan wisata. Maka kami sadar akan ada sektor ekonomi dan pelaku ekonomi yang terdampak," ujarnya.

Nur Arifin menambahkan relaksasi pajak daerah itu diharapkan dapat membantu sejumlah pelaku UMKM dan pengusaha yang ada di Trenggalek selama masa sulit.

Bupati menjelaskan, untuk menanggulangi penyebaran virus Corona, pemerintah daerah menerapkan pembatasan akses masuk wilayah dengan hanya membuka tiga jalur utama. Dalam pembatasan akses itu, seluruh pendatang dilakukan pendataan dan pemeriksaan suhu tubuh.

Selain itu, pemerintah mengeluarkan instruksi kepada warga akan melakukan physical distancing dengan tidak berkerumun, termasuk di warung kopi, tempat wisata, dan lingkungan karena dapat memicu penularan COVID-19. (iwd/iwd)