Corona Mewabah, 12.920 Santri Ponpes Sukorejo Dipulangkan Lebih Awal

Ghazali Dasuqi - detikNews
Rabu, 01 Apr 2020 21:52 WIB
Belasan ribu santri Ponpes Salafiyah Syafiiyah Sukorejo Situbondo pulang berjamaah (puja). Kepulangan asuhan KHR Azaim Ibrahimy ini dilakukan lebih awal dari jadwal biasanya.
Sejumlah santri di Situbondo yang dipulangkan lebih awal gegara corona mewabah/Foto: Ghazali Dasuqi
Situbondo -

Belasan ribu santri Ponpes Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo Situbondo pulang berjamaah (puja). Kepulangan asuhan KHR Azaim Ibrahimy ini dilakukan lebih awal dari jadwal biasanya.

Pemulangan dilakukan untuk mencegah penyebaran corona. Sebelum diberangkatkan, para santri lebih dulu menjalani pemeriksaan kesehatan.

"Kalau jadwal normal libur santri ini biasanya mulai 14 April atau 20 Sya'ban nanti Tapi karena situasi begini, akhirnya liburan dimajukan," kata Panitia Kegiatan Puja Ponpes Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo, Zeiniye kepada detikcom, Rabu (1/4/2020).


Keterangan yang diperoleh detikcom menyebutkan, ada 12.920 santri Ponpes Sukorejo Kecamatan Banyuputih yang dipulangkan berjamaah. Rinciannya, 4.976 santri putra dan 7.944 santri putri. Mereka berasal dari berbagai daerah di Nusantara.

Belasan ribu santri itu diberangkatkan menggunakan armada bus secara bergelombang, hingga 4 April mendatang. Pelepasan pemulangan santri dilakukan terpisah antara santri putra dan santri putri, di halaman pondok putra dan pondok putri ponpes setempat.

"Tadi malam sudah ada yang diberangkatkan, yakni para santri yang berasal dari wilayah Jabodetabek. Ini terkait kebijakan Jakarta yang mau lockdown," papar Zeiniye, yang juga anggota DPRD Jawa Timur itu.

Selanjutnya
Halaman
1 2