Kunjungi Pabrik Produksi Hazmat di Kota Probolinggo, Khofifah Minta Kuota

M Rofiq - detikNews
Rabu, 01 Apr 2020 18:01 WIB
gubernur khofifah kunjungi pabrik produsen hazmat
Gubernur Khofifah di pabrik produsen hazmat di Probolingo (Foto: M Rofiq)
Probolinggo -

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa mengunjungi pabrik garmen Putrateja Sempurna di Jalan Brantas, Kota Probolinggo. Pabrik tersebut membuat Alat Pelindung Diri (APD) berupa hazmat.

Khofifah mengaku datang ke pabrik garmen itu setelah mendapat informasi dari Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin bahwa pabrik tersebut tengah memproduksi APD berupa Hazmat yang dipesan oleh pemerintah pusat sebanyak 2 juta buah.

Tujuan Khofifah melakukan kunjungan juga bermaksud meminta kuota kepada pihak pabrik agar menyisihkan sebagian produksi untuk Pemprov Jatim.

"Sama saat saya melakukan kunjungan ke pabrik masker, saya juga minta kuota agar kebutuhan masker bagi tenaga medis di Jatim bisa mencukupi," kata Khofifah kepada wartawan, Rabu (1/4/2020).

Menurut Khofifah, melalui adanya kuota tersebut diharapkan persediaan APD kepada tenaga medik, paramedik, frontliner ataupun pihak yang menjadi garda terdepan penanganan Covid-19 di Jatim bisa terjamin.

Khofifah mencontohkan dalam penanganan satu pasien saja, dibutuhkan 23 APD dalam sehari. Oleh karenanya, adanya kuota APD bagi tenaga medis menjadi sangat penting.

"Maka dari itu, saya datangi pabrik ini guna menghitung pastinya kuota yang dibutuhkan tenaga medis di Jatim. Terutama mereka yang menangani langsung pasien Covid-19," lanjut Khofifah.

Khofifah menambahkan dari komunikasi yang dilakukannya dengan pihak pabrik, diketahui persediaan bahan baku masih mencukupi. Dan saat dikonversi terkait bahan baku, dimungkinkan mencukupi selama 3 bulan ke depan.

(iwd/iwd)