Imbas Corona, Hari ini Jalan Darmo dan Tunjungan Ditutup Selama 2 Minggu

Hilda Meilisa - detikNews
Rabu, 01 Apr 2020 15:32 WIB
Mulai Hari ini Jalan Darmo dan Tunjungan Ditutup Selama Dua Minggu
Jalan Darmo dan Tunjungan ditutup sementara (Foto: Hilda Meilisa Rinanda/detikcom)
Jakarta -

Mengantisipasi penyebaran virus corona atau Covid-19, mulai hari ini Jalan Raya Darmo dan Tunjungan Surabaya ditutup di waktu tertentu. Penutupan ini akan dilakukan selama dua minggu.

Penutupan ini rencananya dilakukan mulai hari ini hingga 15 Maret 2020. Dua ruas jalan ini ditutup setiap hari pukul 10.00 WIB hingga 14.00 WIB dan 19.00 WIB hingga 23.00 WIB. Sedangkan pada hari libur mulai Jumat-Sabtu, jalan ditutup mulai pukul 18.00 WIB hingga 06.00 WIB.

Kasat Lantas Polrestabes Surabaya AKBP Teddy Chandra mengatakan dari penerapan kawasan physical distancing ini, pihaknya mendapatkan tambahan personel dari Ditlantas Polda Jatim.

"Karena kan pelaksanaan waktunya dua minggu ke depan dimulai hari ini, kalau hanya Satlantas personelnya ndak mencukupi. Jadi kita meminta BKO personel dari Polda," kata Teddy kepada detikcom di Surabaya, Rabu (1/4/2020).

Teddy menambahkan pihaknya juga telah melakukan sosialisasi melalui media massa. Sejumlah imbauan kepada masyarakat juga telah disebar di sejumlah titik.

"Sosialisasinya bagus, sebelum pelaksanaan saya sudah sosialisasi ke media baik radio, media cetak, online. Saya juga sudah memasang imbauan, dan sejumlah poster di titik-titik," imbuhnya.



Saat disinggung terkait antisipasi kepadatan di sejumlah titik akibat pengalihan arus, Teddy menyebut pihaknya menempatkan petugas di beberapa titik.

"Sebenarnya volume kendaraan kepadatannya sudah menurun sebetulnya. Kalau dialihkan, Saya menempatkan anggota bukan di tempat penutupan, tapi saya menempatkan di imbas yang pengalihan arus lalu lintas kita tempatkan anggota. Makanya kita minta tambahan personel dari Polda," papar Teddy.

Di kesempatan yang sama, Teddy mengimbau masyarakat untuk mematuhi pemerintah ini. Hal ini demi kesehatan dan keselamatan masyarakat.

"Patuhi imbauan pemerintah demi kesehatan dan keselamatan, demi Surabaya sehat," pesan Teddy.

Sementara salah satu pengguna jalan, Sita Maharani mengaku mendukung langkah pemerintah ini. Namun, Sita menyebut dirinya baru mengetahui jika jalan ini ditutup.

"Tadi mau ke bank, ternyata jalannya ditutup. Ya bagus sih menghindari corona, tapi jadi muter jauh. Kayaknya harus lebih banyak sosialisasi lagi ya biar masyarakat ndak bingung," pungkas Sita.

(hil/fat)