Donasikan Gaji 6 Bulan, Anggota DPR Ini Bagi Nutrisi Ibu Hamil-Buku Anak

Hilda Meilisa - detikNews
Rabu, 01 Apr 2020 10:03 WIB
Donasi Gaji 6 Bulan, Anggota DPR Ini Bagi Nutrisi Ibu Hamil hingga Buku Anak
Foto: dok. Istimewa
Surabaya -

Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Mufti Anam mendonasikan gajinya selama enam bulan untuk membantu masyarakat menghadapi dampak penyebaran virus Corona. Gaji tersebut diwujudkan dalam bentuk paket nutrisi ibu hamil, sembako, hand sanitizer, hingga makanan bergizi bagi balita.

"Ketua Umum Ibu Megawati Soekarnoputri menginstruksikan seluruh kader PDI Perjuangan untuk hadir membersamai masyarakat dalam situasi apa pun, termasuk bergotong royong menghadapi dampak COVID-19," ujar Mufti, Rabu (1/4/2020).

Menurut Mufti, menghadapi penyebaran virus Corona, energi semua elemen harus diarahkan pada saling bantu, bukan saling menyalahkan.

"Saya bersyukur Ibu Megawati memimpin gerak gotong royong nasional PDI Perjuangan untuk kemanusiaan. Dan kita lihat, kalau soal gotong royong, rakyat Indonesia luar biasa. Ada yang galang donasi untuk APD, ada yang produksi masker, lalu dibagikan, dan sebagainya," ujarnya.

Mufti menambahkan bantuan diwujudkan secara natura (berbentuk barang) berupa 1.000 paket sembako untuk warga berpendapatan harian. Paket itu disalurkan di Kabupaten/Kota Pasuruan dan Kabupaten/Kota Probolinggo, yang merupakan daerah pemilihan Mufti.

"Ada warga yang berjualan di depan sekolah, kini tak dapat pemasukan karena pelajar diliburkan. Ada pengemudi becak, bapak-bapak usia lanjut, yang susah cari penumpang karena masyarakat mengurangi aktivitas luar rumah. Itulah yang dibantu," jelasnya.

Yang tak kalah penting, sambung Mufti, adalah nutrisi ibu hamil dan balita untuk menekan angka kematian ibu dan bayi serta mencegah stunting.

"Ini penting, bahwa di tengah wabah, nutrisi ibu hamil dari keluarga kurang mampu harus tetap terjamin. Pendapatan keluarga bisa jadi berkurang, tapi ibu hamil harus tetap mengonsumsi nutrisi bermutu," ujarnya.

"Kita harus berjuang memastikan janin tetap sehat, dan kelak menjadi generasi yang siap menyongsong masa depan lebih baik," imbuhnya.

Sejumlah paket nutrisi yang diberikan antara lain kebutuhan makanan mengandung asam folat. Selain berbentuk suplemen, dibagikan sumber folat alami berupa buah alpukat, pepaya, dan kacang-kacangan.

"Tim kami membelinya di pedagang pasar tradisional, sekaligus untuk memberdayakan PKL mikro di pasar-pasar yang juga terdampak situasi sulit saat ini," jelas Mufti, yang juga Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Jatim.

Selain itu, makanan yang menjadi sumber asam lemak omega-3 diberikan, seperti sarden, susu, dan telur. Tak lupa diberikan vitamin B kompleks, kalsium, dan DHA yang sangat diperlukan ibu hamil.

Adapun untuk balita, paket yang diberikan berupa susu, telur, biskuit, vitamin, dan buku anak-anak. "Sebisa mungkin kita bantu balita mendapatkan asupan yang layak di masa golden age-nya, meski situasi ekonomi keluarganya sedang sulit," ujar Mufti.

Selain itu, Mufti membagikan 2.000 botol hand sanitizer ukuran 60 mililiter. "Semua proses pembagian memperhatikan protokol pencegahan, tim kami memakai masker dan menjaga jarak. Paket bantuan diantarkan door to door untuk menghindari pengumpulan orang," jelasnya.

(bdh/fat)