Sejumlah Hotel di Banyuwangi Tutup Sementara Antisipasi Corona

Ardian Fanani - detikNews
Senin, 30 Mar 2020 07:37 WIB
hotel di banyuwnagi setop operasi
Suasana di Hotel Ketapang Indah (Foto: Ardian Fanani)
Banyuwangi -

Sejumlah hotel di Banyuwangi berhenti beroperasi sementara karena mewabahnya covid-19 di Banyuwangi. Selain penerapan Work From Home (WFH) pada karyawan, mereka juga mengantisipasi penyebaran virus corona yang dimungkinkan terjadi dari banyaknya kunjungan tamu dari luar daerah.

"Beberapa hotel telah terkonfimasi untuk menghentikan oprasional sementara lantaran covid-19. Tentu ini sebagai langkah bagus dalam melakukan pencegahan penyebaran covid-19 di Banyuwangi," ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi Muhammad Yanuarto Bramuda kepada detikcom, Senin (30/3/2020).

Beberapa hotel yang telah mengkonfirmasi pemberhentian sementara operasional adalah Kampung Joglo Ijen, Illira Hotel, dan Ketapang Indah Hotel. Mereka telah berkirim surat kepada Disbudpar Banyuwangi, terkait dengan alasan penghentian sementara pelayanan menginap di hotel tersebut.

"Kami sudah menerima suratnya. Untuk Ketapang Indah per 1 April menghentikan operasional sementara. Sedangkan Illira juga sama," pungkasnya.

Sementara itu, Resort Manager Ketapang Indah Hotel, Pungky Kusuma membenarkan adanya penghentian sementara operasional hotel itu. Penghentian operasional terhitung mulai tanggal 1 April 2020 hingga tanggal 1 Juni 2020.

Manajemen Ketapang Indah menerapkan skema kebijakan work from home (WFH) atau bekerja dari rumah bagi seluruh jajaran manajemen, staf dan karyawan hotel. Terkait dengan kebijakan tersebut, operasional hotel juga akan dihentikan sementara dan tidak menerima tamu selama kurun waktu tersebut.

Namun jika dipandang perlu, bisa diperpanjang hingga permasalahan terkait wabah Covid-19 ini secara umum benar-benar dapat teratasi dan kondisi penanganan wabah dinilai mulai berangsur membaik.

"Kebijakan work from home (WFH) ini kami tempuh sebagai wujud nyata rasa tanggung jawab kami terhadap kesehatan dan keselamatan para karyawan dan
keluarganya serta seluruh tamu pelanggan hotel kami dan relasi perusahaan lainnya," ujar Pungky.

"Selain itu, penerapan kebijakan ini juga merupakan tindakan preventif yang efektif untuk menghambat laju penyebaran Covid-19 dan didasari pertimbangan etis serta kepatuhan kami terhadap kebijakan social distancing dan physical distancing yang ditetapkan oleh pemerintah," pungkas Pungky.

Tonton Blak-blakan 3 Musuh Besar Penanganan Corona:

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)