Wali Kota Mojokerto Pimpin Penyemprotan Disinfektan ke Fasilitas Publik

Enggran Eko Budianto - detikNews
Jumat, 27 Mar 2020 19:23 WIB
Wali Kota Mojokerto Pimpin Penyemprotan Disinfektan ke Fasilitas Publik
Wali Kota semprot disinfektan (Foto: Enggran Eko Budianto/detikcom)
Mojokerto -

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari bekerja keras melindungi warganya dari virus corona atau COVID-19. Selain membuat kebijakan menutup semua tempat hiburan dan meminta para siswa belajar di rumah, Wali Kota yang akrab disapa Ning Ita ini tak segan memimpin langsung penyemprotan disinfektan ke jalan-jalan protokol, tempat publik dan tempat ibadah.

Selama dua hari Ning Ita turun langsung memimpin penyemprotan disinfektan. Penyemprotan cairan pembunuh bakteri dan virus itu menyasar berbagai tempat di Kota Mojokerto. Mulai dari jalan-jalan protokol, pasar tradisional, fasilitas publik hingga tempat ibadah.

Ning Ita didampingi sumainya Supriyadi Karimah Saiful, Kepala Disperindag Ruby Hartoyo, Kasat Pol PP Heryana Dodik Murtono, Kepala DLH Ikromul Yasak, Kabag Humas dan Protokol Hatta Amrullah, Plt Bagian Perekonomian Sekdakot Ani Wijaya, Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Dinas Kesehatan dr Farida Mariana, Kepala Bidang Perdagangan Disperindag Ganesh Pressiatantra dan OPD terkait lainnya.

Salah satu tempat ibadah yang disemprot Ning Ita adalah Klenteng Hok Sian Kiong di Jalan Residen Pamudji. Ia juga mengimbau para pengurus klenteng agar selalu mewaspadai penyebaran COVID-19.

Selain penyemprotan yang dimotori Pemkot Mojokerto, Ning Ita berharap masyarajat mampu melakukan penyemprotan disinfektan secara mandiri di lingkungan masing-masing. "Kami terus melakukan penyemprotan secara bertahap di seluruh area publik. Dan kami mohon kerjasamanya kepada masyarakat agar melakukan penyemprotan secara mandiri," kata Ning Ita kepada detikcom, Jumat (27/3/2020).

Usai penyemprotan di tempat ibadah, Ning Ita juga malakukan sosialisasi dan memberi imbaun kepada para pedagang sekaligus pengunjung pasar tradisional Tanjung Anyar di Jalan Residen Pamudji. Dia meminta masyarakat tidak panik dan tetap waspada terhadap virus corona. Kendati penyebaran virus Corona telah masuk ke Indonesia, Ning Ita berharap masyarakat tidak memborong bahan kebutuhan pokok.

"Saat ini harga-harga kebutuhan pokok masih stabil ya. Mungkin, yang harganya melonjak tinggi cuma cabai saja. Selebihnya masih normal. Untuk itu, saya berpesan kepada masyarakat agar tidak panik dan belanja berlebihan," terangnya.

Tidak hanya itu, Ning Ita juga meninjau beberapa pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas). Yaitu ke Puskesmas Kedundung, Puskesmas Blooto dan RSUD dr Wahidin Sudiro Husodo.

Ning Ita melihat kondisi dan fasilitas penunjang sekaligus persiapan para tenaga medis dalam menangani pencegahan penyebaran COVID-19. "Kami mau membuat beberapa unit tempat screening untuk sterilisasi, selain cuci tangan dengan sabun dan penggunaan hand sanitizer. Semoga, ikhtiar kami semua ini dapat mencegah penyebaran COVID-19 di Kota Mojokerto," tandasnya.

(adv/adv)