Kota Malang Zona Merah Corona, Pemkot Tiadakan Mudik Bareng

Muhammad Aminudin - detikNews
Jumat, 27 Mar 2020 14:17 WIB
ilustrasi corona
Foto: ilustrasi corona
Malang -

Pemprov Jatim menetapkan Kota Malang sebagai zona merah virus corona. Agenda mudik bareng ditiadakan untuk menekan penyebaran virus corona.

Kabag Humas Pemkot Malang Nur Widianto menyatakan, pihaknya telah mengimbau agar warga banyak menghabiskan waktu di dalam rumah. Imbauan itu menindaklanjuti keputusan pemerintah pusat dalam menggelorakan social distancing.

"Kita sudah imbau untuk berfokus di rumah terlebih dahulu dan meminimalisir pergerakan keluar rumah. Yang artinya juga untuk menitipkan pesan bila tidak urgent. Agar tidak melakukan perjalanan keluar kota. Kita juga meniadakan kegiatan mudik bersama," ujar Nur Widianto kepada detikcom, Jumat (27/3/2020).


Nur menambahkan, jika warga Kota Malang sudah telanjur bepergian ke luar kota. Maka pihaknya berpesan agar masyarakat dapat menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh.

"Adapun bila orang per orang sudah bergerak ke luar kota, yang bisa kita pesankan agar sebisanya meningkatkan daya tahan tubuh sampai di daerah yang dituju," imbuhnya.

Tak berhenti di situ, Nur Widianto juga meminta warga yang terlanjur bepergian ke luar kota dan telah sampai di tempat tujuan agar sesegera mungkin melakukan pemeriksaan medis dan mengisolasi diri secara mandiri.

Begini Suasana Tegal Setelah Wali Kota Putuskan Local Lockdown: