114 Warga Situbondo Berstatus ODP, Tersebar di 14 Kecamatan

Ghazali Dasuqi - detikNews
Kamis, 26 Mar 2020 20:07 WIB
Peta Sebaran corona di Situbondo
Peta Sebaran corona di Situbondo (Foto: Ghazali Dasuqi)
Situbondo -

Jumlah warga berstatus orang dalam pemantauan (ODP) Covid 19 di Situbondo terus bertambah. Hingga Kamis (26/3/2020) ini, jumlah ODP di Situbondo mencapai 114 orang. Itu artinya ada tambahan 17 orang ODP dari jumlah ODP sebelumnya yakni 97 orang. Sementara jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) di Situbondo tetap 3 orang.

"Hari ini sudah bisa saya umumkan, jumlah ODP naik 17 orang jadi 114 orang. PDP-nya tidak ada kenaikan. Kenaikan ODP ini hasil tracking teman-teman Dinkes. Ini luar biasa, karena tidak menunggu, tapi jemput bola," kata Bupati Situbondo H Dadang Wigiarto di sela kunjungannya ke RSUD dr Abdoer Rahem Situbondo, Kamis (26/3/2020).

Berdasarkan data Satgas Covid-19 Situbondo, sebanyak 114 warga berstatus ODP di Situbondo itu tersebar di 14 Kecamatan Situbondo. Terbanyak berasal dari Kecamatan Kendit mencapai 22 orang. Menyusul Kecamatan Panji 18 orang, Kecamatan Mlandingan 16 orang, serta Kecamatan Panarukan 11 orang.

Berikutnya Kecamatan Bungatan dan Kecamatan Banyuputih masing-masing 10 orang. Lalu, Kecamatan Situbondo 6 ODP, Kecamatan Mangaran dan Sumbermalang masing-masing 5 ODP, Kecamatan Besuki 4 ODP, serta Kecamatan Kapongan, Jangkar dan Kecamatan Asembagus masing-masing 2 ODP. Satu kecamatan lagi, yakni Banyuglugur dengan 1 ODP.

"Kita yakin, ke depan ini adalah puncaknya mentracking. Hasil trackingnya Dinas Kesehatan dan jajarannya ini patut diberi penghargaan. Karena kita telah bekerja keras," papar Dadang.

Sementara untuk tiga orang PDP di Situbondo, masing-masing berasal dari Kecamatan Panji, Kecamatan Banyuputih, dan Kecamatan Bungatan. Sejauh ini, ada tiga kecamatan di Situbondo yang warganya terbebas dari status ODP maupun PDP. Tiga kecamatan itu, antara lain Kecamatan Jatibanteng, Suboh, dan Kecamatan Arjasa.

(iwd/iwd)