Bandara Banyuwangi Tambah WTD Untuk Cegah Penyebaran Virus COVID -19

Ardian Fanani - detikNews
Rabu, 25 Mar 2020 19:46 WIB
bandara banyuwangi
Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi -

PT Angkasa Pura II (Persero) terus melakukan upaya pencegahan penularan covid-19 di Bandara Banyuwangi. Salah satunya adalah penerapan penyemprotan penumpang yang baru saja landing di Bandara paling ujung Timur Pulau Jawa ini.

Bandara Banyuwangi baru saja melengkapi peralatan untuk pencegahan virus COVID-19. Namanya adalah Walk Through Disinfection (WTD). Alat ini adalah penyemprotan otomatis untuk para penumpang yang baru saja turun dari pesawat. AP II bekerja sama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) bandara dalam penyemprotan cairan disinfektan ini.

"Salah satu upaya lagi yang dilakukan oleh PT Angkasa Pura II (Persero) Kantor Cabang Bandara Banyuwangi dalam rangka mencegah penyebaran Wabah COVID-19 (corona) di Bandara, dengan menyediakan fasilitas Walk Through Disinfection (WTD) di area lorong pintu masuk kedatangan," ujar Executive General Manager Bandara Banyuwangi, Heru Karyadi kepada detikcom, Rabu (25/3/2020).

Heru menambahkan setiap penumpang yang datang dari pesawat wajib memasuki area WTD untuk dilakukan penyemprotan cairan disinfektan secara otomatis.

"Hal ini mungkin membuat penumpang merasa tidak nyaman, namun hal ini kami lakukan demi kebaikan bersama. Penyediaan WTD kami lakukan bekerjasama dengan rekan rekan KKP yang ada di Bandara Banyuwangi," tambahnya.

Selain itu, kata Heru, PT Angkasa Pura II (Persero) sebagai pengelola 19 Bandara di Indonesia, mengantisipasi/meminimalisir penyebaran virus COVID-19 dengan menyediakan berbagai fasilitas pelayanan untuk publik seperti hand sanitizer, pengukuran suhu tubuh menggunakan thermo gun/thermal scanner, signed social distance, dan tempat mencuci tangan.

"Kita letakkan di selasar keberangkatan, kursi Boarding lounge, dan check-in counter," pungkasnya.

Terpisah, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menyambut baik dengan peralatan baru untuk pencegahan penularan virus Corona di Banyuwangi. Seluruh elemen di Banyuwangi berupaya maksimal melakukan pencegahan dengan menambah peralatan dan kegiatan pencegahan yang masif.

"Kami menyambut antusias dengan adanya alat baru ini. Saat ini seluruh kegiatan pelaksanaan pencegahan Covid-19 di Banyuwangi terus dilakukan," ujarnya.

Anas mengaku, saat ini pihaknya telah melakukan pemeriksaan dan penyemprotan di beberapa pintu masuk Kabupaten Banyuwangi. Diantaranya adalah di perbatasan Kabupaten, Pelabuhan, hingga Bandara.

"Antisipasi kita lakukan agar penyebaran covid-19 ini tak merambah Banyuwangi. Kami mohon maaf jika ada kegiatan yang mengganggu aktivitas warga yang masuk Banyuwangi. Semuanya demi keselamatan bersama," pungkasnya.

(iwd/iwd)