Sepinya Pelabuhan Ketapang Banyuwangi yang Ditutup Saat Nyepi

Ardian Fanani - detikNews
Rabu, 25 Mar 2020 18:45 WIB
pelabuhan ketapang
Pelabuhan Ketapang yang lengang saat Nyepi( Foto: Ardian Fanani)
Banyuwangi -

Suasana lengang terjadi di Pelabuhan ASDP Ketapang Banyuwangi. Pelabuhan tersibuk se-Indonesia ini ditutup selama satu hari penuh untuk menghormati umat Hindu di Bali melakukan Tapa Brata Penyepian. Kapal-kapal yang melayani penyebrangan Selat Bali, seluruhnya menepi di dermaga kapal pelabuhan ASDP Ketapang.

Beginilah suasana pelabuhan ASDP Ketapang setelah adanya penutupan Pelabuhan ASDP Ketapang Banyuwangi, Rabu (25/3/2020).

Suasana sepi tampak di 7 dermaga yang biasanya ramai dengan antrean kendaraan keluar masuk kapal. Pintu pembatas tertutup rapat dan tak ada kapal yang bersandar di dermaga itu.

Begitu juga dengan selasar penumpang pejalan kaki, juga nampak sepi. Hanya beberapa ruangan kantor yang masih ada beberapa karyawan baik dari ASDP Ketapang sendiri atau petugas operator kapal.

"Kita lakukan penutupan sejak pukul 00.00 WIB hari ini. Tidak ada pelayanan penyeberangan di Ketapang maupun Gilimanuk," ujar Fahmi Alweni, GM ASDP Indonesia Ferry Cabang Ketapang

Penutupan pelabuhan penyebrangan ini, kata Fahmi, sesuai dengan Surat Edaran Gubernur Bali nomer 3.1/12955/PK/BKD tanggal 3 Oktober 2019 tentang Hari Raya Libur Nasional, Cuti bersama dan Dispensasi Hari Suci Hindu di Bali 2020.

"Sesuai dengan surat edaran Gubernur Bali maka pelabuhan ditutup menjelang Nyepi hingga usai Nyepi. Yakni Selasa tanggal 24 Maret hingga 26 Maret 2020," ujarnya kepada wartawan.

Penyeberangan terakhir dilakukan dari pelabuhan Gilimanuk Bali 24 Maret 2020 pukul 24.00 WIB. Sedangkan pelabuhan akan kembali dibuka pada tanggal 26 Maret 2020 pukul 05.00 WIB.

Menurut Fahmi, penutupan pelabuhan ASDP Ketapang Banyuwangi dimanfaatkan dengan melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh lokasi pelabuhan. Termasuk ruang publik dan dermaga kapal. Selain itu, pihaknya juga melakukan persiapan menyambut arus balik liburan Nyepi.

"Kita siapkan kegiatan penyambutan pemudik yang balik ke Bali. Salah satu yang kita siapkan adalah lokasi penyemprotan disinfektan yang akan ke Bali. Selain itu juga ada tenda yang akan digunakan pengendara motor tempat berteduh menunggu antrean masuk ke kapal," pungkasnya.

(iwd/iwd)