Khidmatnya Nyepi Umat Hindu Suku Tengger di Tengah Pandemi Corona

M Rofiq - detikNews
Rabu, 25 Mar 2020 17:32 WIB
nyepi di lereng gunung Bromo
Suasana perkampungan suku Tengger yang melaksanakan nyepi (Foto: M Rofiq)
Probolinggo -

Umat Hindu Suku Tengger di lereng Gunung Bromo, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo tetap melaksanakan Nyepi di tengah pandemi corona. Berbeda dengan tahun sebelumnya, Nyepi kali ini berlangsung lebih khidmat.

Itu karena areal obyek wisata Gunung Bromo telah ditutup sejak pekan lalu. Sama dengan tahun sebelumnya, selama proses penyepian. Jalur mulai Desa Wonokerto hingga Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura ditutup total guna menghindari adanya kendaraan yang melintas.

Pasalnya ada desa di Kecamatan Sukapura yang melangsungkan ritual penyepian mulai dari Desa Ngadas, Wonotoro, Jetak, dan Ngadisari.

Warga sendiri menutup semua pintu dan jendela rumahnya rapat-rapat. Mereka fokus melaksanakan ibadah Tapa Brata yang meliputi Tapa Brata Amati Karya atau tidak bekerja, Amati Geni atau tidak menyalakan api, Amati Lelungan atau tidak bepergian dan Amati Lelanguan atau tidak mengumbar hawa nafsu/tidak bersenang-senang.

Tokoh adat masyarakat Suku Tengger Supoyo mengatakan perayaan Nyepi tetap dilakukan umat Hindu Suku Tengger di rumah masing-masing. Warga pun tak terganggu dengan adanya wabah penyebaran Virus Corona yang saat ini terjadi di Indonesia.

"Perayaan Nyepi tidak menimbulkan keramaian, atau kerumunan. Jadi tidak ada pembatasan," terang Supoyo, Rabu (25/3/2020).



SCamat Sukapura, Maryoto mengatakan penutupan akses jalur menuju obyek Wisata Gunung Bromo, merupakan kali ketiga dilakukan. Tujuannya menghormati umat Hindu Suku Tengger yang tengah melangsungkan Nyepi.

Guna menciptakan ketenangan agar tetap tetap terjaga, Maryoto menyampaikan, pihak kecamatan tetap melibatkan unsur Jaga Baya (keamanan adat) sebagai penjaga, di tiap desa yang melaksanakan penyepian.

"Untuk jalur sendiri, baru akan dibuka pada pukul 06.00 WIB Kamis pagi besok. Setelah Nyepi selesai dilaksanakan" terangnya.

Update Corona di Indonesia: 970 Positif, 58 Meninggal, 31 Sembuh:

(iwd/iwd)