Nyepi di Banyuwangi, Perkampungan Bali Dijaga Ketat

Ardian Fanani - detikNews
Rabu, 25 Mar 2020 14:55 WIB
aparat jaga kampung bali di banyuwangi
Aparat jaga Kampung Bali di Banyuwangi (Foto: Ardian Fanani)
Banyuwangi -

Pengamanan di perkampungan Bali di Banyuwangi dijaga ketat oleh aparat pengamanan dari Kepolisian dan TNI. Kegiatan pengamanan juga dilakukan oleh pecalang, Banser hingga masyarakat sekitar.

Suasana Nyepi di Desa Patoman, Kecamatan Blimbingsari, Banyuwangi terlihat lengang. Warga yang mayoritas beragama Hindu melakukan Tapa Brata Penyepian sejak dinihari, Rabu (25/3/2020).

Dalam perayaan Nyepi 2020, aparat gabungan melakukan pengamanan di beberapa titik kegiatan perayaan Nyepi di Banyuwangi. Tercatat sebanyak 300 personel gabungan dari Polresta Banyuwangi, TNI dan Satpol PP melakukan pengamanan di 6 titik lokasi perayaan Nyepi.

"Ada 300 personel yang melakukan pengamanan. Baik dari Polri, TNI dan Satpol PP," ujar Kapolresta Banyuwangi Kombes Arman Asmara Syarifudin kepada detikcom, Rabu (25/3/2020).

Pengamanan dilakukan di 6 titik yang melakukan perayaan Nyepi. Di antaranya di Kecamatan Blimbingsari, Kecamatan Kota Banyuwangi, Kecamatan Tegaldlimo, Kecamatan Siliragung, Kecamatan Siliragung dan Kecamatan Pesanggaran.

"Kami bagi personel untuk 6 wilayah ini. Sementara sebagian lagi juga fokus di Pelabuhan ASDP Ketapang," tambahnya.

Fokus di Pelabuhan ASDP Ketapang, kata Arman, mengingat pembukaan pelabuhan juga bakal dipadati oleh penumpang yang akan kembali ke Pulau Bali.

"Makanya fokus pelabuhan kami lakukan. Nanti Kamis dinihari kan dibuka, itu sudah banyak kendaraan yang antri," pungkasnya.

Sementara itu, Dandim 0825 Banyuwangi, Letkol (Inf) Yuli Eko Purwanto menambahkan, pihaknya mengerahkan Babinsa di 6 titik lokasi perayaan Nyepi 2020. Para Babinsa tersebut membaur dengan pengamanan yang dilakukan oleh tim gabungan pengamanan.

"Kita kerahkan Babinsa di masing-masing desa untuk membantu pengamanan masyarakat Hindu yang merayakan Nyepi," ujarnya.

Sinergitas pelayanan pengamanan perayaan Nyepi dilakukan bersama aparat pengamanan dari Kepolisian dan TNI bersama masyarakat untuk mewujudkan Banyuwangi aman dan kondusif.

"Keunggulan Banyuwangi adalah sinergitas pengamanan yang solid dan terukur. Bersama-sama kita mewujudkan kesejahteraan masyarakat," pungkas Yuli.

Simak juga video Anies: Kegiatan Nyepi dengan Keramaian di Jakarta Ditiadakan:

(iwd/iwd)