Water Canon Semprot Kendaraan Pemudik Nyepi dengan Disinfektan

Ardian Fanani - detikNews
Selasa, 24 Mar 2020 20:49 WIB
penyemprotan disinfektan
Water canon menyemprot sebuah mobil dengan disinfektan (Foto: Ardian Fanani)
Banyuwangi -

Puncak arus mudik liburan Nyepi 2020 di Pelabuhan Ketapang disambut dengan penyemprotan disinfektan. Kali ini, penyemprotan menggunakan water canon.

Penumpang yang baru saja turun dari kapal langsung diarahkan ke terowongan disinfeksi. Sementara kendaraan umum, bis dan truk langsung disemprot disinfektan dari Water Canon milik Polresta Banyuwangi, Selasa (24/3/2020).

"Kami gunakan Water Canon agar lebih efektif. Penyemprotan disinfektan kita lakukan antisipasi penyebaran virus corona," ujar Kapolresta Banyuwangi Kombes Arman Asmara Syarifudin kepada detikcom.

Kendaraan pribadi dan bis itu harus melintas di dekat Water Canon. Sementara penumpang wajib turun dan masuk ke terowongan untuk disinfeksi dan pemeriksaan suhu tubuh.

"Setelah melalui prosedur itu, mereka bisa masuk ke Jawa," tambahnya.

Tak hanya itu, Water Canon juga nantinya akan menyemprot pelabuhan ASDP Ketapang, usai penutupan pelabuhan sekitar pukul 00.00 WIB, Rabu (25/3/2020).

"Penyemprotan menyeluruh dilakukan setelah penyeberangan ditutup. Mulai dari areal parkir hingga dermaga," pungkasnya.

Kegiatan ini merupakan kegiatan bersama dalam membasmi dan pencegahan virus corona. Seluruh elemen, baik dari Kepolisian, TNI, Basarnas, Dinas Kesehatan dan BPBD Banyuwangi turun langsung di Pelabuhan ASDP Ketapang Banyuwangi. Selain itu, juga ada penyekatan dan pemeriksaan ketat di perbatasan wilayah Kabupaten Banyuwangi.

"Kita turun bersama melakukan penyekatan dan pemeriksaan ketat di perbatasan antara Kabupaten di sekitar Banyuwangi. Penyemprotan dan pemeriksaan suhu tubuh dilakukan ketat," ujar Dandim 0825 Banyuwangi Letkol (Inf) Yuli Eko Purwanto kepada detikcom.

Anggota TNI juga melakukan penyemprotan di rumah penduduk bersama dengan KKP dan Dinas Kesehatan.

"Seluruhnya terjun langsung. Kami membantu KKP dan Dinas Kesehatan menyemprot rumah penduduk dan ruang publik," pungkasnya.

(iwd/iwd)