Cerita Ki Sabdo Jagad Royo Temukan Obat Corona hingga Hujat Jokowi

Hilda Meilisa - detikNews
Selasa, 24 Mar 2020 18:22 WIB
Presiden Alam Gaib Ki Sabdo Jagad Royo
Presiden Alam Gaib Ki Sabdo Jagad Royo (Foto: Hilda Meilisa Rinanda/detikcom)
Surabaya -

Seorang paranormal mengklaim dirinya Presiden Alam Gaib, Ki Sabdo Jagad Royo mengaku menemukan obat untuk menyembuhkan penyakit virus corona. Siapa sebenarnya Ki Sabdo?

Ki Sabdo merupakan paranormal asal Surabaya. Dia menyebut telah mendapat petunjuk dari Allah SWT tentang obat untuk menyembuhkan corona. Obat Corona ini telah ditemukan Ki Sabdo sebelum corona masuk ke Indonesia, tepatnya Februari lalu.

1. Pernah Dukung Prabowo di Pilpres 2014 hingga Siap Mati

Pada 2014, Ki Sabdo ternyata pernah menyampaikan deklarasi dukungannya kepada Prabowo Subianto dan Hatta di Pilpres 2014. Saat itu, pria yang menyebut dirinya Presiden Alam Gaib ini mengaku siap mati jika Prabowo tak menjadi presiden.

"Apabila pernyataan saya salah, saya siap menerima sanksi pidana kurungan dan tembak mati di tempat. Dan yang melakukan eksekusi tersebut Prabowo Subianto sendiri, bukan orang lain," kata Ki Sabdo di panggung deklarasi Rumah Polonia, Jumat (13/6/2014).

Saat itu, Ki Sabdo, yang mengenakan baju adat dan blangkon berwarna hitam, mengaku sudah melakukan ritual mulai dari tanggal 19 September 2012 sampai 5 Juni 2014.

"Saya sudah ritual di tiga tempat: Goib penguasa Istana dan Nyi Roro Kidul di Jakarta, Kanjeng Sunan Bungkul Surabaya, dan Joko Dolog Surabaya. Kelihatan di tiga tempat tersebut hanya wajah Prabowo," katanya masih di atas panggung.

2. Sempat Amankan Pelantikan Jokowi

Menjelang pelantikan Joko Widodo sebagai presiden pada 20 Oktober 2019 lalu, muncul video yang viral di media sosial. Video tersebut menceritakan seorang pria bernama Ki Sabdo yang mengaku bisa memanggil bangsa jin untuk mengamankan pelantikan Jokowi. Ki Sabdo mengaku telah melakukan 'gladi bersih' dengan memanggil bangsa jin.

"Apa yang saya lihat memang harus ada pengawalan secara spiritual. Ini yang saya taruh di sini ini komplit sudah," ujar Ki Sabdo dalam video tersebut.

Bahkan, Ki Sabdo mengklaim membawa serta Ratu Pantai Selatan untuk berjaga di kompleks parlemen. Hal ini agar pelantikan Jokowi jauh dari gangguan.

"Mulai Nyai Roro Kidul, Nyi Blorong, jin kayangan dan yang lain-lain. Jadi mantap sudah. Pak Jokowi pasti dilantik, nggak ada halangan. Nanti yang menghalangi ya itu urusannya Ratu Selatan, urusan saya, saya yang beresin," ucap Ki Sabdo saat itu.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4