Hujan Deras Bikin Sungai Meluap, Sejumlah Kelurahan di Ponorogo Kebanjiran

Charoline Pebrianti - detikNews
Senin, 23 Mar 2020 21:44 WIB
banjir di ponorogo
Disiapkan perahu karet untuk korban banjir (Foto: Charoline Pebrianti)
Ponorogo -

Akibat hujan deras sejumlah sungai wilayah di Ponorogo meluap dan menyebabkan banjir. Bahkan air banjir ada yang setinggi 50 sentimeter atau sepaha orang dewasa.

Data di BPBD Ponorogo, daftar area banjir meliputi wilayah seperti Kelurahan Purbosuman, Kelurahan Setono, Desa Brahu, Kecamatan Siman, Desa Jabung, Desa Serangan, Desa Ngrukem, Kecamatan Mlarak.

Pantauan detikcom, sejumlah warga memilih bertahan di rumah masing-masing sebab wilayah mereka termasuk langganan banjir tiap kali musim penghujan.

"Air datang sekitar pukul 18.30 WIB, merata di sejumlah wilayah akibat hujan deras dan sungai tidak mampu menampung debit air," tutur Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Ponorogo Setyo Budiono kepada detikcom, Senin (23/3/2020).

Budi, sapaannya, menambahkan bahkan ada beberapa tanggul yang jebol akibat derasnya aliran sungai. Pihaknya pun saat ini sudah menerjunkan 75 personel yang tersebar di wilayah bencana banjir. Pun juga menyiapkan 2 perahu karet jika sewaktu-waktu digunakan warga untuk mengungsi.

"Di Jalan Jenar, Kelurahan Purbosuman ini ketinggian air 50 sentimeter, kita menyiapkan 2 perahu karet di lokasi ini untuk mengantisipasi warga yang ingin mengungsi," jelas Budi.

Untuk warga yang memilih menetap di rumah karena bencana Budi mengimbau agar mewaspadai jika terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi, terutama daerah yg berdekatan dengan aliran sungai dan wilayah yang rentan potensi luapan air serta daerah potensi longsor ataupun tanah gerak.

"Selalu kenali lingkungan masing-masing yang ada tanda-tanda potensi banjir, tanah longsor, serta segera cari tempat aman," imbuh Budi.

(iwd/iwd)