Saat Sidang di Surabaya Geger Gegara Suhu Tubuh Terdakwa 37,4 Derajat

Amir Baihaqi - detikNews
Senin, 23 Mar 2020 18:12 WIB
terdakwa suhu tubuh panas
Terdakwa yang suhu tubuhnya 37,4 derajat (Foto: Amir Baihaqi)
Surabaya -

Seorang terdakwa kasus pencurian membuat geger Pengadilan Negeri Surabaya. Pasalnya, terdakwa tersebut diketahui mempunyai suhu badan mencapai 37,4 derajat dan lolos masuk ke ruang sidang.

Mengetahui hasil suhu badan itu, petugas kemudian mengevakuasi terdakwa dan dikembalikan ke ruang tahanan. Sidang sendiri akhirnya ditunda pada Senin depan.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Duta Amelia mengatakan sidang ditunda karena saat diketahui suhu badan terdakwa kebetulan majelis hakim belum ada yang datang. Sedangkan lolosnya terdakwa ke ruang sidang karena ada miskomunikasi antara petugas keamanan dan pihaknya saat itu.

"Tadi turun dari mobil tahanan sudah dicek suhu tubuhnya. Tapi karena nggak ada koordinasi terus langsung dibawa ke sini," kata Amelia di ruang Kartika 1, Senin (23/3/2020).

"Nah, ini langsung dicari dan dicek lagi sama petugasnya. Dan benar suhunya mencapai 37,4 derajat," tambahnya.

Usai diketahui positif mempunyai suhu badan 37,4 derajat, majelis hakim kemudian datang. Setelah diberitahu, hakim kemudian memutuskan tidak menggelar sidang dan menundanya pada pekan depan.

"Ditunda Senin depan," ujar JPU Amelia.

Pantauan di lokasi, setelah menemukan terdakwa dengan mencapai suhu tubuh kategori merah, pihak keamanan PN juga kemudian menyisir ruang sidang lainnya. Hasilnya, sejumlah keluarga terdakwa masih ditemukan nyelonong ikut mendampingi para terdakwa saat akan sidang.

"Ini kita masih temukan ada keluarga terdakwa ikut masuk ke ruang sidang. Padahal sudah ada larangan kalau keluarga tidak diperbolehkan mengikuti sidang. Kami langsung suruh keluar," kata salah seorang petugas keamanan PN Surabaya Bripka Arief Harmoko.

(iwd/iwd)