Satgas Pangan Banyuwangi Cegah Aksi Borong dan Penimbunan Bahan Pokok

Ardian Fanani - detikNews
Minggu, 22 Mar 2020 19:21 WIB
Satgas Pangan Banyuwangi memantau distribusi dan ketersediaan bahan pangan di pasar. Itu mencegah penimbunan dan aksi borong akibat mewabahnya corona.
Satgas Pangan Banyuwangi/Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi -

Satgas Pangan Banyuwangi memantau distribusi dan ketersediaan bahan pangan di pasar. Itu untuk mencegah penimbunan dan aksi borong akibat mewabahnya virus corona.

Kapolresta Banyuwangi Kombespol Arman Asmara Syarifuddin mengatakan, langkah ini juga dimaksudkan untuk menjaga kestabilan harga sembako. Beberapa minggu ini, satgas pangan sudah memantau distribusi dan harga bahan pangan di pasar.

"Kita ingin tak ada penimbunan dan aksi borong. Satgas pangan sudah turun ke pasar. Kita pantau untuk mencegah adanya penimbunan bahan sembako," ujarnya kepada detikcom, Minggu (22/3/2020).


Salah satu yang dilakukan Satgas Pangan yakni memantau dan melakukan pendataan harga sembako. Harga sembako harian itu menjadi bahan laporan ke pusat dan sekaligus sebagai langkah monitoring harga berbagai jenis sembako di pasaran. Selain itu, juga memantau stok bahan makanan agar tak ada aksi borong.

Sejauh ini belum tampak adanya indikasi penimbunan. Secara sederhana, menurut Arman, indikasi penimbunan itu bisa dilihat dari perbandingan harga dengan ketersediaan barang yang bersangkutan.

Selanjutnya
Halaman
1 2