100 Ruang Isolasi akan Disiapkan Bagi ODP dan PDP Corona di Madiun

Sugeng Harianto - detikNews
Minggu, 22 Mar 2020 07:00 WIB
Gubernur Jawa Timur Khofifah di RSUD Dolopo
Gubernur Khofifah di RSUD Dolopo (Foto: Sugeng Harianto/detikcom)
Madiun -

Pemkab Madiun menyiapkan 100 ruang isolasi tambahan untuk pasien Pasien Dalam Pengawasan (PDP) corona. Pemprov Jatim merekomendasi 100 ruang isolasi untuk PDP corona wilayah Madiun raya ada di RSUD Dolopo.

Bupati Madiun H Ahmad Dawami mengaku gedung baru RSUD Dolopo diperkirakan bisa difungsikan satu minggu lagi.

"Paling cepat seminggu lagi insyaallah bisa digunakan ruang isolasi di RSUD Dolopo. Kita sudah sampaikan sebelumnya ke Pemprov Jatim terkait RSUD Dolopo siap untuk dijadikan ruang isolasi bagi PDP corona," kata Dawami saat dikonfirmasi, Minggu (22/3/2020).

Sementara Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, saat mengecek RSUD Dolopo mengatakan lokasi tersebut menjadi opsi tempat perawatan PDP atau Orang Dalam Pemantauan (ODP).

"RSUD Dolopo ini punya gedung baru dan pak bupati mengkonfirmasi kepada kami. Kami ingin ini menjadikan opsi untuk memberikan perawatan baik OPD. Insyaallah bisa 100 pasien," ujar Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, saat mengecek RSUD Dolopo, Sabtu (21/3/2020).

RSUD Dolopo nantinya di bawah monitoring Tim RSUD dr Soedono Madiun. Hal ini karena RSUD dr Soedono Madiun merupakan satu-satunya RS milik Pemprov Jatim yang ada di Jawa Timur bagian barat.

"Nanti pak dokter Bangun dari RSUD dr Soedono Madiun yang akan memonitoring RSUD Dolopo," tambahnya.

Khofifah pun berpesan untuk masyarakat Jawa Timur agar panik dan menjaga diri kesehatan dengan pola hidup bersih. "Kita sama-sama bisa melakukan langkah preventif lebih ditingkatkan kebersihannya. Diharapkan bisa menjaga kesehatan tubuh dengan hidup bersih dan sehat olahraga yang cukup," papar Khofifah.

(fat/fat)