Ibadah di Gereja Surabaya Ditiadakan hingga 29 Maret 2020

Faiq Azmi - detikNews
Sabtu, 21 Mar 2020 12:10 WIB
persebaran corona di jatim
Foto: Istimewa
Surabaya -

Ibadah di gereja Surabaya akan ditiadakan hingga 29 Maret 2020 mendatang. Vikjen Keuskupan Surabaya, Romo Eko Budi Susilo membenarkan hal itu. Ibadah akan dilakukan kembali tergantung kondisi perkembangan penyebaran virus corona, khususnya di Jawa Timur.

"Minimal dalam dua pekan ke depan keputusan ini akan berlaku. Sementara kami putuskan untuk gereja katolik sampe 29 Maret 2020, nanti kalau pemerintah misalnya memperpanjang ya kita perpanjang lagi," kata Romo Eko saat dikonfirmasi detikcom, Sabtu (21/3/2020).

Romo Eko menuturkan pihaknya akan mengikuti arahan pemerintah untuk tidak ke gereja dan beribadah di rumah demi menanggulangi penyebaran virus covid-19.

"Keputusannya sama dengan hasil rapat dengan ulama Islam juga, kami akan mendukung langkah pemerintah dalam menanggulangi covid-19 dengan tidak ke gereja karena kerumunan prang banyak berpotensi peningkatan penyebaran virus. Tapi kalau masih ada, karena kan pengumumannya mendadak, mereka yang beribadah ke gereja tetap mengikuti yang disarankan oleh WHO," paparnya.

Romo Eko menjelaskan usai pertemuan dengan Pemprov Jatim pihaknya telah mengimbau ke jemaat untuk tidak menggelar kebaktian dan doa di gereja. Hal ini untuk mencegah penyebaran virus corona.

Tangkal Corona, Baznas Semprot Disinfektan ke Transportasi Publik: