Terkendala Biaya, Keluarga Tiga Pasien Positif Corona di Jatim Belum Diperiksa

Esti Widiyana - detikNews
Jumat, 20 Mar 2020 19:24 WIB
rumah sakit unair
RS Unair (Foto file: Esti Widiyana/detikcom)
Surabaya -

Keluarga tiga pasien positif corona yang diisolasi di RS Unair Surabaya terus dipantau. Sesuai panduan kemenkes, pemantauan dilakukan selama dua pekan.

"Kemarin sudah datang tapi belum ketemu saya, belum tes," kata Juru Bicara Tim Satgas Corona RS Unair dr Alfiian Nur Rasyid SpP saat dihubungi detikcom, Jumat (20/3/2020).

Namun, hingga saat ini keluarga tiga pasien positif corona belum melakukan tes. Sebab harus menyiapkan persyaratan biaya yang tak sedikit.

"Belum melakukan tes masih menyiapkan persyaratan untuk melakukan tes. Kan biayanya banyak," jelas dr Alfiian. Biaya yang dimaksud adalah biaya lain selain tes swab. Penjelasan soal biaya itu bisa dibaca di link di bawah ini.

Kembali ke soal keluarga tiga pasien tadi, selama dua pekan pemantauan, seluruhnya dilakukan oleh Dinas Kesehatan Jawa Timur. RS Unair hanya melakukan tes kepada keluarga pasien.

"Dinkes (yang memantau, red) karena RS tidak punya wilayah kerja. Kita laporkan ke Dinkes, Dinkes yang memantau," pungkasnya.

Dari informasi yang dihimpun, tiga pasien yang dirawat merupakan warga Jawa Timur. Namun Alfian tidak menyebutkan dari daerah mana pasien tersebut bertempat tinggal.

Update: Keluarga tiga pasien positif corona yang diisolasi di RS Unair Surabaya akan segera diperiksa tanpa biaya Senin (23/3) besok.

(fat/fat)