Wahana Baru Hawai Water Park Terbakar

Muhammad Aminudin - detikNews
Jumat, 20 Mar 2020 17:01 WIB
hawai water park terbakar
Wahana baru Hawai Water Park yang terbakar (Foto: Muhammad Aminudin)
Malang -

Satu wahana milik Hawai Water Park di kawasan Perum Graha Kencana, Singosari, Kabupaten Malang, terbakar. Sepuluh unit PMK yang didatangkan berhasil memadamkan api. Penyebab kebakaran hingga kini belum diketahui.

Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran (PPBK) Kabupaten Malang, Goly Karyanto mengatakan, kebakaran diduga terjadi pada pukul 14.00 WIB, dan tak lama kemudian pihaknya memperoleh laporan terjadinya kebakaran.

"Awal datang, api masih membesar. Tetapi kemudian berhasil kita padamkan. Kini tengah dilakukan proses pembasahan," ujar Goly kepada wartawan di lokasi kebakaran, Jumat (20/3/2020).

Goly mengatakan api cepat membesar karena adanya bahan-bahan mudah terbakar berada di lokasi kebakaran. Namun, pihaknya belum mengetahui pasti apa yang mengakibatkan munculnya titik api.

"Api cepat membesar, karena banyak bahan-bahan mudah terbakar di lokasi. Titik api darimana, itu yang belum dapat kita ketahui," ujarnya.

Goly menyebut, api berhasil dipadamkan tidak lama setelah 10 unit PMK datang ke lokasi kebakaran. Dari 10 unit itu berasal dari Pemkot Malang, PT Bentoel, dan PMK dari Pemkab Malang.

"Tidak sampai satu jam, api sudah berhasil kita padamkan. Memang sedikit ada kendala, karena banyak bahan seperti stryfoam di lokasi. Tidak ada korban dalam kebakaran ini," sebut Goly.

Hawai Water Park Group mengatakan bahwa lokasi yang terbakar rencananya menjadi wahana baru. Namun, ketika kebakaran terjadi proses pengerjaan masih belum berjalan.

"Ini rencana wahana baru, masih 50 persen dalam pengerjaan. Tidak ada korban, kalau kerugian karena semua barang baru kita belum menghitung," ujar HRD Hawai Water Park Group Lusia Erly terpisah.

Lusia menjelaskan, sekitar pukul 14.20 WIB, sejumlah karyawan melihat adanya kobaran api. Angin kencang ikut membuat api semakin membesar.

"Tadi terlihat ada api awalnya, karena angin api jadi cepat membesar. Hal itu juga dikarenakan banyak bahan dari stryfoam di dalam sehingga mudah terbakar. Penyebabnya, karena apa kita belum tahu," jelasnya.

Lusia menambahkan, Hawai Water Park berhenti beroperasi setelah adanya himbauan dari pemerintah untuk upaya pencegahan penyebaran virus Corona.

"Kita berhenti beroperasi, karena mematuhi himbauan pemerintah," imbuhnya. Wahana baru yang terbakar berada di bekas halaman parkir depan Hawai Water Park.

Aparat kepolisian nampak datang untuk mengamankan lokasi selama proses pemadaman berjalan.

(iwd/iwd)