Polisi Kota Kediri Selidiki 4 Akun Medsos Diduga Lakukan Kejahatan Siber

Andhika Dwi - detikNews
Rabu, 18 Mar 2020 20:17 WIB
Polisi Kota Kediri menyelidiki empat akun yang diduga melakukan kejahatan siber. Empat akun tersebut diduga memanfaatkan kepanikan warga akan wabah virus corona.
Kapolres Kediri Kota AKBP Miko Indrayana/Foto: Andhika Dwi
Kediri -

Polisi Kota Kediri menyelidiki empat akun yang diduga melakukan kejahatan siber. Empat akun tersebut diduga memanfaatkan kepanikan warga akan wabah virus corona.

Pernyataan tersebut diutarakan Kapolres Kediri Kota AKBP Miko Indrayana kepada wartawan. Pihaknya menyelidiki akun yang menjual masker hingga menawarkan jasa penyemprotan disinfektan.

"Saat ini Tim Siber Polres Kediri Kota sedang melakukan penyelidikan terhadap empat akun sosmed yang ditengarai melakukan kejahatan siber. Berupa memanfaatkan kepanikan dan ketakutan warga soal virus corona. Dengan menjual masker, hand sanitizer secara online. Serta mengaku menyediakan jasa semprotan disinfektan ke rumah. Namun pada akhirnya mereka semua ditipu ataupun barang berharga dalam rumahnya dicuri," Jelas Miko, Rabu (18/3/2020).


Tidak hanya patroli siber, polisi juga mengimbau warga agar lebih menjaga diri dan keluarga. Terutama terkait kegiatan masyarakat yang melibatkan banyak orang. Seperti kegiatan keagamaan, acara musik, unjuk rasa ataupun kegiatan lainnya.

"Polisi tidak melarang, namun kami mengimbau setidaknya kegiatan yang melibatkan banyak orang dibatasi atau bahkan ditiadakan. Semuanya demi menjaga keselamatan dan mencegah penyebaran virus. Jangan justru memanfaatkan kondisi yang sedang prihatin ini dengan melakukan aksi unjuk rasa dan demonstrasi, mari saling menjaga jangan sampai Kota Kediri terjangkit," imbuh Miko.


Miko juga berharap, warga tidak melakukan panic buying. Terutama soal masker dan hand sanitizer.

Ia menjamin dan meyakinkan masyarakat bahwa stok masker masih aman. Yang sewaktu-waktu dapat digunakan jika keadaan mendesak.

(sun/bdh)