Bandara Banyuwangi Disemprot Desinfektan Antisipasi Covid-19

Ardian Fanani - detikNews
Selasa, 17 Mar 2020 19:43 WIB
bandara banyuwangi disemprot disinfektan
Bandara Banyuwangi disemprot disinfektan (Foto: Ardian Fanani)
Banyuwangi -

Pencegahan penyebaran virus COVID-19 kawasan Bandara Banyuwangi disemprot disinfektan. Mengingat bandara menjadi lokasi datangnya orang datang dan pergi dari luar daerah. Penyemprotan disinfektan ini dipercaya mampu mengurangi resiko penyebaran virus corona.

Titik yang menjadi sasaran penyemprotan adalah tempat yang sering disentuh publik. Diantaranya area troli, toilet dan seluruh jalur-jalur sirkulasi penumpang dan masyarakat umum yang masuk ke dalam terminal baik kedatangan maupun keberangkatan. Dilanjutkan ke ruangan VIP, area boarding, area conveyor, troli. Setelah itu penyemprotan dilakukan di lantai dua bandara.

"Penyemprotan disinfektan ini kita lakukan bersama Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas IIA Probolinggo Wilayah Kerja Tanjung Wangi, Banyuwangi," kata Eksekutif General Manager Bandara Blimbingsari, Banyuwangi, Heru Karyadi kepada detikcom, Selasa (17/3/2020).

Heru Karyadi menegaskan, penyemprotan dilakukan dari luar maupun dari dalam terminal kedatangan.

"Tujuan penyemprotan disinfektan ini untuk membersihkan area bandara dari bakteri, dari virus dan hal-hal yang berpotensi terhadap penyebaran segala jenis virus. Khususnya virus yang saat ini menjadi wabah yang mendunia yaitu virus covid-19," ujarnya.

Heru Karyadi menyebut, Bandara Banyuwangi baru kali ini melakukan penyemprotan disinfektan. Kegiatan ini akan jadwalkan secara rutin selama sebulan dua kali.

"Dan apabila itu kami anggap penting maka frekuensi sebulan dua kali itu akan kami rapatkan menjadi bisa seminggu sekali atau bahkan lebih dari itu," tegasnya.

Sementara itu, Kepala Wilker Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Probolinggo Wilker Ketapang, dr. Nungky Nazwaris Alami mengatakan, cairan yang disemprotkan adalah cairan disinfektan yang dilarutkan dengan air dengan formula 1 banding 9.

"Itu merupakan salah satu protokol untuk disinfektan dalam melakukan disinfeksi," tegasnya.

Cairan ini, menurut Nungky, sangat efektif untuk membunuh virus dan kuman. Setelah disemprotkan, ditunggu 5 menit kemudian langsung dilap sehingga virus dan kuman tidak menempel lagi ditempat itu.

(iwd/iwd)