Taman Wisata Alam Kawah Ijen Ditutup Dampak Corona

Ardian Fanani - detikNews
Selasa, 17 Mar 2020 10:12 WIB
Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen
Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Timur resmi menutup Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen. Penutupan dilakukan untuk mengantisipasi pencegahan virus COVID-19 di Indonesia.

Penutupan tersebut diumumkan melalui surat edaran SE.338/K2/BIDTEK.1/KSA/3/2020 Tentang penutupan kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen, Senin (16/3/2020).

"Memang benar kita umumkan penutupan TWA Kawah Ijen melalui surat edaran itu," ujar Setyo Utomo, Kepala BKSDA Wilayah III Jember kepada detikcom, Selasa (17/3/2020).

Penutupan TWA Kawah Ijen dilakukan sejak hari ini, Senin (16/3) hingga tanggal 29 Maret 2020 mendatang.

Penutupan TWA Kawah Ijen merujuk surat perintah dari instruksi Presiden dan Kementrian untuk mengurangi adanya perkumpulan massa di stu lokasi. Sebab penularan covid-19 ini sangat mudah menular hanya dengan bersentuhan ataupun menyentuh orang yang terkena corona.

"Kami memohon maaf kepada wisatawan yang tidak bisa menikmati keindahan Ijen. Kita akan kembali membuka TWA Ijen pada 29 Maret nanti," tambahnya.

Diakui Setyo, saat ini kunjungan wisata ke TWA Kawah Ijen menurun seiring dengan adanya merebaknya virus corona. Selain itu, pada pada bulan Maret hingga April merupakan low season untuk kunjungan wisata.

"Memang menurun. Seiring dengan adanya virus corona," pungkasnya. (fat/fat)