Bahan Pokok di Jatim Aman, Warga Diimbau Tak Panic Buying Gegara Corona

Bahan Pokok di Jatim Aman, Warga Diimbau Tak Panic Buying Gegara Corona

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Senin, 16 Mar 2020 22:41 WIB
gubernur khofifah
Gubernur khofifah/Foto: Hilda Meilisa Rinanda

Begitu juga untuk jagung, hingga bulan Juni mendatang, di Jawa Timur masih akan ada surplus jagung mencapai 2,2 juta ton. Untuk bawang merah bahkan stoknya aman hingga bulan Desember mendatang dengan surplus mencapai 335.000 ton. Sedangkan untuk cabai merah hingga akhir tahun stoknya aman dan surplus mencapai 33 ribu ton.

Begitu juga untuk komoditas telur ayam ras. Dari data yang ada hingga bulan Juni Jatim akan surplus telur ayam ras hingga 57.790 ton.

"Untuk gula memang ada kenaikan harga, tapi stoknya aman sampai dua bulan ke depan. Juga untuk minyak goreng memang ada kenaikan harganya karena harga CPO dunia juga naik. Tapi stoknya aman bahkan sampai enam bulan ke depan," tegas Khofifah.


Di tengah wabah virus corona, Gubernur Khofifah meminta masyarakat tidak terpengaruh efek psikologis yang menyebabkan panik belanja. Dengan stok bahan pokok yang aman dan tersedia, maka pihaknya menjamin tidak akan ada kelangkaan bahan pokok.

"Justru kalau ada aksi belanja dalam jumlah yang berlebihan, maka sesuai dengan prinsip hukum ekonomi pasar, harga akan naik dan akan ada kelangkaan. Maka untuk menghindari itu, kami imbau tidak ada panic buying karena buffer stock kita sangat aman," pungkas Khofifah.


(sun/bdh)