Deteksi Corona, Wali Kota Mojokerto Luncurkan Aplikasi Curhat Ning Ita

Enggran Eko Budianto - detikNews
Senin, 16 Mar 2020 13:51 WIB
Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari
Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari (Foto: Enggran Eko Budianto/detikcom)
Mojokerto -

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari meluncurkan aplikasi Curhat Ning Ita. Selain untuk menyerap keluhan warga Kota Onde-onde terkait pelayanan publik secara online, aplikasi berbasis android ini juga digunakan mendeteksi potensi penyebaran virus corona.

Wali Kota yang akrab disapa Ning Ita itu mengatakan, aplikasi Curhat Ning Ita dibuat untuk merealisasikan Renca Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Yaitu terkait meningkatkan pelayanan publik berbasis teknologi informasi (TI).

"Dengan segala keterbatasan saya, saya tidak bisa melayani satu per satu apa yang dibutuhkan masyarakat Kota Mojokerto. Dengan teknologi, apa yang dibutuhkan dan dikeluhkan masyarakat bisa disampaikan meskipun tanpa bertatap muka," kata Ning Ita kepada detikcom, Senin (16/3/2020).

Ning Ita menjelaskan, warga Kota Mojokerto kini bisa menyampaikan pengaduan, keluhan dan saran terkait pelayanan publik secara online. Termasuk juga terkait pelayanan kesehatan di Kota Onde-onde. Seperti adanya warga yang mengalami gejala corona dan pelayanan fasilitas kesehatan yang dinilai kurang maksimal.

Aplikasi Curhat Ning Ita kini bisa diunduh di google Playstore. Dengan aplikasi ini, warga Kota Mojokerto bisa menyampaikan berbagai keluhan maupun pengaduan secara online menggunakan 4 media sosial. Yaitu Twitter, WhatsApp, Instagram dan Facebook.

Semua pengaduan, keluhan maupun saran yang disampaikan warga Kota Mojokerto melalui aplikasi Curhat Ning Ita akan dipantau langsung oleh Wali Kota. Tidak hanya itu, Ning Ita juga akan mengawal hingga keluhan, pengaduan dan saran dari masyarakat benar-benar telah ditindaklanjuti oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

"Menggunakan aplikasi Curhat Ning Ita, saya ingin memberi kemudahan kepada masyarakat Kota Mojokerto untuk menyampaikan keluhan, pengaduan, saran kepada kami," terangnya.

Ia menambahkan, berbagai saran, keluhan dan pengaduan bisa disampaikan warga Kota Mojokerto melalui website curhatningita.lapor.go.id. Ning Ita meminta warga melengkapi laporan dengan kronologi yang lengkap, menyertakan tempat dan waktu, serta melampirkan bukti pendukung berupa foto apabila ada.

"Aplikasi Curhat Ning Ita juga terintegrasi ke semua OPD yang membidangi. Sehingga pengaduan yang masuk akan segera ditanggapi dengan cepat. Nantinya aplikasi ini akan dikelola dalam ruang Command Center yang terpadu," tandasnya.

Aplikasi Curhat Ning Ita diharapkan dapat mendukung percepatan pembangunan ekonomi kawasan di Jawa Timur. Sesuai dengan Peraturan Presiden nomor 80 tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi di Kawasan Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo, Lamongan Kawasan Bromo, Tengger, Semeru dan Kawasan Selingkar Wilis serta Lintas Selatan.

(adv/adv)