Jemaah Dzikrul Ghofilin di Pasuruan Zikir Bareng Agar Terhindar dari Corona

Jemaah Dzikrul Ghofilin di Pasuruan Zikir Bareng Agar Terhindar dari Corona

Muhajir Arifin - detikNews
Minggu, 15 Mar 2020 14:13 WIB
jemaah Dizkrul Ghofilin
Jemaah Dzikrul Ghofilin berzikir bersama (Foto: Istimewa)
Pasuruan - Berbagai cara dilakukan untuk mencegah merebaknya virus Corona. Selain cara medis, cara non medis juga dilakukan.

Salah satunya dilakukan ribuan jemaah Dizkrul Ghofilin di Masjid Kebon Wangen, Desa Tejowangi Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan. Jamaah membaca Al Quran Surat Yasin khusus agar dihindarkan dari ancaman virus Corona atau Covid-19.

"Sementara bacaan Dizkrul Ghofilinnya diganti dengan bacaan Yasin yang dikhususkan agar Indonesia terbebas dari penyakit Corona," kata KH Sholeh Bahrudin yang memimpin zikir, Minggu (15/3/2020).

Pengasuh Ponpes Ngalah Sengonagung, Purwosari, ini meminta warga terutama umat muslim tidak panik. Semua penyakit pasti ada obatnya.

"Sampun (jangan) panik. Semua penyakit pasti ada obatnya. Sudah dibacakan Yasin dan doa bersama. Semoga masyarakat Indonesia bebas dari penyakit Corona, " tambah Kiai Sholeh.

Namun Kiai Sholeh meminta warga tetap menjaga kesehatan dan menjaga kebersihan lingkungan. Selain mendekatkan diri pada Allah dan berdoa agar diberi keselamatan.

"Sing penting itu yakin pun panik (yang penting yakin dan jangan panik)," ungkapnya.

Jamaah Dzikrul Ghofilin yang dipimpin oleh KH Sholeh Bahrudin diikuti oleh sekitar 5 ribuan orang dari berbagai wilayah di Kabupaten Pasuruan. Jamaah tersebut berpindah tempat dari kampung ke kampung setiap minggunya.

Anies: Kegiatan Keagamaan Sementara Ditunda:

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)