Harga Gula Naik, Dinas Perdagangan Surabaya Batasi Pembelian Gula 1 Kg

Esti Widiyana - detikNews
Jumat, 13 Mar 2020 16:56 WIB
Harga Gula di Surabaya Naik
Gula di Surabaya (Foto: Esti Widiyana/detikcom)
Surabaya -

Harga gula di Surabaya kini mulai naik. Mulanya harga gula Rp 12.500/ kg dan menjadi Rp 14 ribu/kg. Artinya, kenaikan mencapai kurang lebih 10 persen.

Kepala Dinas Perdagangan Surabaya Wiwiek Widayati mengatakan, melihat situasi kenaikan gula di sejumlah daerah, khususnya Surabaya.

Bahkan pihaknya hari ini melakukan oprasi pasar. Terkait dengan tempat-tempat atau ritel-ritel yang hari ini kekosongan stok gula.

"Kalau operasi pasar kami memang membatasi, karena penduduknya banyak dan butuh gula. Jadi kami operasi pasar, kami sediakan 1 kg untuk satu orang atau satu KK," jelas Wiwiek saat dihubungi detikcom, Jumat (13/3/2020).

Jika nantinya Surabaya kehabisan stok gula, pemkot telah mencoba berkomunikasi dengan distributor gula.

"Distributor stoknya juga saya nggak tahu, mungkin stoknya terbatas," kata dia.

"Itu sebenarnya bukan kosong, ada cuman terbatas," ujarnya.

Wiwiek menyampaikan, stok gula tidak akan hilang sama sekali. Sebab, pemerintah sudah melakukan segala upaya. Yakni mengeluarkan surat perintah import.

"Nah memang import gula rafinasi, gula rafinasi itu yang harus diolah lagi untuk menjadi gula untuk bisa dikonsumsi. Sekarang sedang proses untuk memproses gula-gula biar segera untuk dikonsumsi," jelasnya.

Harapannya, sampai benar-benar habis baru gula yang diproses bisa diedarkan. Secara pararel, pemerintah pusat juga sudah melakukan upaya-upaya untuk mengantisipasi.

"Mudah-mudahan nggak sampai stoknya nggak ada, sudah melakukan upaya," pungkasnya.

(fat/fat)