Ekskavasi Candi Keboireng, Galian di 13 Titik Dibuka

Muhajir Arifin - detikNews
Rabu, 11 Mar 2020 18:07 WIB
candi keboireng
Ekskavasi Candi Keboireng (Foto: Muhajir Arifin)
Pasuruan -

Ekskavasi Candi Keboireng, Dusun Keboireng, Desa Ngerong, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, terus dilakukan. Tim menargetkan akan melakukan penggalian total di sekeliling candi.

"Hari ini kami buat galian lagi di tujuh titik. Enam titik sudah digali pada tahap awal. Total sudah ada tiga belas galian," kata arkeolog dari BPCB Jatim Wicaksono kepada detikcom, Rabu (11/3/2020).

Ekskavasi total Candi Keboireng dilakukan dua tahap. Tahap pertama mulai tanggal 3-7 Maret, tahap kedua dimulai tanggal 9-18 Maret.

"13 galian masing-masing berukuran 4 X 4 meter. Kedalamannya masing-masing 30 sentimeter," terang Wicaksono.

Tim yang melakukan ekskavasi berjumlah 13 orang. "Kami targetkan akan menggali total di sekeliling candi pada tahap dua ini," pungkas Wicaksono.

BPCB Jatim melakukan ekskavasi Candi Keboireng, Pasuruan setelah temuan arca kepala Kala dan dua reruntuhan perwara, Sabtu (29/2).

Candi Keboireng merupakan candi pendharmaan yang diduga kuat peninggalan Majapahit. Candi yang ditemukan pada 1983 ini sudah mengalami keruntuhan.

Sebagian besar reruntuhan batu bangunan masih berada di lokasi. Sementara benda-benda yang ditemukan diantaranya arca kepala Kala, relief Surya yang didentifikasi sebagai Surya Majapahit hingga Makara yang berbentuk naga disimpan di Museum Trowulan.

Tonton juga Mulai Hari Ini, Pengunjung Borobudur Cuma Bisa Naik sampai Lantai 8 :

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)