Bukan Beli, Ikan Buntal yang Tewaskan 3 Orang di Banyuwangi Hasil Mancing

Ardian Fanani - detikNews
Rabu, 11 Mar 2020 15:45 WIB
keracunan ikan buntal
Prosesi pemakaman 3 korban tewas setelah makan ikan buntal (Foto: Ardian Fanani)
Banyuwangi - Tiga orang yang merupakan satu keluarga di Desa Alasbuluh, Kecamatan Wongsorejo Banyuwangi tewas setelah memakan ikan Buntal (Pufferfish). Ikan tersebut merupakan hasil pancingan dari korban laki-laki.

Korban Muhlis Hartono (66) memancing ikan di laut sekitar Kecamatan Wongsorejo, Senin (10/3). Beberapa ikan tersebut kemudian dimasak oleh sang istri Dewi Ambarwati (58) saat itu juga.

"Dimasak santen dan digoreng. Kemudian dimakan oleh ketiganya bersama dengan sang ibu Siti Habsah. Saat itu mereka makan dagingnya. Itu saja langsung pusing dan mual," ujar Ahmad Saifulloh, keluarga korban tewas kepada detikcom, Rabu (11/3/2020).

Menurut Syaifullah, ketiga korban diduga kuat meninggal dunia akibat keracunan ikan buntal.

"Selama dua hari mereka makan itu. Hari pertama mules. Hari kedua langsung dibawa ke puskesmas akhirnya meninggal dunia," tambahnya.

Pihak keluarga meminta kepada aparat kepolisian untuk langsung memakamkan ketiganya. Pihak keluarga menolak dilakukan autopsi terhadap ketiganya.

Tiga orang warga Desa Alasbuluh, Kecamatan Wongsorejo Banyuwangi, tewas. Ketiga orang yang merupakan satu keluarga itu tewas setelah memasak ikan hasil pancingan tersebut.

Ketiga korban keracunan tersebut adalah, Muhlis Hartono, Dewi Ambarwati dan Siti Habsah. Ketiganya tewas seketika setelah memakan ikan Buntal yang dimasak satu keluarga ini.

Simak Juga Video "Pasutri Banyuwangi Jalani Sumpah Pocong Karena Dituduh Punya Santet"

[Gambas:Video 20detik]

(iwd/iwd)