Sampel Masakan Ikan Buntal yang Tewaskan 3 Orang di Banyuwangi Diteliti

Ardian Fanani - detikNews
Rabu, 11 Mar 2020 15:20 WIB
keracunan ikan buntal
Masakan ikan buntal yang dibuat korban (Foto: Ardian Fanani)
Banyuwangi - Tewasnya tiga orang yang merupakan satu keluarga diduga mengkonsumsi ikan buntal (Pufferfish) di Banyuwangi menjadi atensi polisi. Saat ini polisi mengirimkan barang bukti sampel masakan santan ikan Buntal yang disantap oleh 3 warga Desa Alasbuluh, Kecamatan Wongsorejo Banyuwangi itu.

"Kami lakukan penelitian lebih lanjut terkait dengan sampel makanan yang dimakan ketiga orang itu ke Surabaya," ujar Kapolresta Banyuwangi Kombes Arman Asmara Syarifudin kepada detikcom, Rabu (11/3/2020).

Tiga orang warga Desa Alasbuluh, Kecamatan Wongsorejo Banyuwangi, tewas setelah makan ikan Buntal yang dimasak dengan santan. Ketiganya adalah Muhlis Hartono (66), Dewi Ambarwati (58) dan Siti Habsah (80).

Selama dua hari mereka memakan ikan tersebut. Namun lantaran diduga tak mengetahui adanya racun di tubuh ikan itu, ketiganya mengalami sesak napas, muntah-muntah dan pusing.

"Sempat dibawa ke Puskesmas. Namun akhirnya nyawa mereka tak bisa tertolong lagi," tambahnya.

Selain melakukan penelitian sampel, kata Arman, polisi juga memeriksa beberapa saksi yang mengetahui mereka memasak ikan beracun tersebut.

"Beberapa saksi juga kami lakukan pemeriksaan. Khususnya mereka yang mengetahui mereka memasak dan mengkonsumsi ikan buntal itu," pungkasnya.

Diduga keracunan ikan Buntal (Pufferfish) tiga orang warga Desa Alasbuluh, Kecamatan Wongsorejo Banyuwangi, tewas seketika. Ketiga orang yang merupakan satu keluarga itu tewas setelah memasak ikan hasil pancingan tersebut. (iwd/iwd)